Motor Legend Honda FSX 150 Turut Meriahkan Honda Modif Contest 2017 Regional Malang

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, akhir pekan kemarin event akbar tahunan Honda Modif Contest 2017 di gelar di Lap. Rampal Kota Malang. Tentunya kemeriahan acaranya nggak perlu ditanyakan. Pasti ramai dengan pengunjung yang demen dengan berbagai konsep modifikasi yang tersaji disana. Nah dari pantauan admin, salah satu motor legendaris yaitu Honda FSX 150 terpantau turut di pajang disini.

-Mengenal sejarah Honda FSX 150-

Meskipun banyak yang begitu menyukai otomotif, namun pasti belum banyak yang tahu bahwasannya motor 2-tak yang disebut-sebut sebagai versi cruiser dari NSR 150 pernah menghiasi jalanan indonesia dengan kehadirannya. So admin ajak pembaca sekalian untuk sama-sama flashback sejenak tentang sejarah Honda FSX 150 ini.

Jika kita membuka data tentang produksi motor honda dengan pencarian FSX 150 sebagai kata kuncinya, maka brosis nggak bakal menemukan motor ini dalam line-up produksi resmi dari PT. Astra Honda Indonesia. Motor ini ‘Honda FSX 150’ masuk ke indonesia melalu jalan importir umum (IU) di awal tahun 2000-an lalu.

Meskipun mengusung mesin motor 2-tak 150cc, Honda FSX 150 tidak dikenal masyarakat sebagai motor kencang layaknya Honda NSR 150. Padahal secara spesifikasi mesin cukup mentereng sebagai motor 2-tak dimasanya. Usut punya usut, ternyata secara ergonomi Honda FSX 150 ini berbeda konsep dengan Honda NSR 150RR.

Modelnya mirip dengan motor sport touring, mirip seperti Honda CBR 250R dengan model setang yang berposisi lebih tinggi. Beda sangat dengan NSR 150RR yang memiliki riding position yang begitu sporty.

Untuk sekedar informasi, performa Honda FSX 150 tidak bisa dibilang lumayan. Bahkan mirip dengan NSR 150RR meskipun berbeda genre. Mesinnya sama-sama berkapasitas 150cc, 2-Tak. Sistem pendingin mesinnya sudah mengusung radiator dijaman itu. Spesifikasi diameter dan langkahnya identik yaitu 59 x 54,5 dimana spesifikasi ini berkarakter mesin overbore.

Dari bore x stroke yang identik, performanya pun tak jauh berbeda bahkan bisa dibilang sama. Power maksimum mencapai 37 PS @10.000RPM dan torsi 26,8 Nm @9.000RPM. Sedangkan untuk kompresinya yaitu 6,8 : 1, sama persis dengan NSR 150RR.

Selain performa yang identik, teknologi yang diterapkan pada Honda FSX 150 ini juga sebelas duabelas dengan NSR 150RR. Honda FSX 150 juga dibekali dengan teknologi RC Valve (RCV) dengan transmisi 6-speed.

Motor ini memang sama-sama bermesin 150cc 2-tak dengan performa yang sama pula. Namun riding position yang lebih bergaya cruiser karena posisi setang yang lebih tinggi begitu membedakan motor ini dengan NSR 150RR. Itu mengapa meskipun bergaya sport fairing, motor ini lebih dikenal bergenre cruiser karena posisi ridingnya yang lebih tegak.

-Meriahnya Honda Modif Contest 2017 – Malang-

Seperti biasanya, basis motor yang menjadi peserta dalam ajang HMC 2017 ini adalah mutlak berbasis motor honda. Sedangkan aliran modifnya bisa bermacam-macam sesuai dengan kreteria yang dibuat oleh pihak penyelenggara.

Ada modifikasi ekstrim di kelas sport, bebek dan matik. Hingga konsep modifikasi ala motor touring yang tentu akan menjadi inspirasi pengguna motor honda untuk turut mempraktekkannya.

Selain booth modifikasi honda ada juga booth untuk penjualan apparel dan aksesoris baik original maupun aftermarket yang tersedia disini pada akhir pekan lalu.

Dari pantauan admin hampir semua konsep modifikasi sudah cukup sesuai untuk mendukung keselamatan di jalan raya. Namun admin masih melihat tema modifikasi motor matik dengan ban cacing yang harusnya tidak patut dicontoh. Harusnya panitia memberikan tambahan kreteria bahwa ukuran ban yang ditoleransi adalah ukuran ban standar, bukan malah lebih kecil dari ban bawaan pabrik yang tentu membahayakan jika digunakan di jalan raya. Semoga masukan admin ini bisa dikaji kedepannya oleh panitia lomba HMC 2017. (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...