Tips Ideal Memilih Helm Untuk Musim Hujan, Lebih Baik Full Face atau Half Face Ya… ??

Motomaxone.com – Kekeringan sudah mulai usai, alhamdulillah. Beberapa tempat sudah mulai turun hujan termasuk di area malang raya tempat admin berdomisili. Kaitannya dengan berkendara, tentu sangat penting untuk mengetahui tipe helm yang ideal untuk musim hujan. Full Face, Half Face atau lainnya yang paling cocok ? Yuk kita bahas..

Pada dasarnya, fungsi helm tidak lain sebagai penutup kepala yang mampu memberikan perlindungan kepada pengendara kendaraan bermotor saat mengalami benturan kepala akibat kecelakaan.

Oleh karena itu saat musim penghujan tiba, hal yang perlu diperhatikan adalah cara berkendara yang harus lebih berhati-hati dibandingkan berkendara pada musim panas karena riding disaat hujan memiliki resiko kecelakaan yang lebih besar.

Disaat berkendara dalam kondisi hujan, tentu jarak pandang mata terhadap jalan yang kita lalui menjadi berkurang. Yup, visibilitas kita berkurang karena pandangan terhalang oleh partikel air hujan, apalagi intensitas hujannya lebat, hal itu akan sangat berbahaya jika memaksa riding, jadi menurut admin lebih baik berteduh jika hujan terlalu lebat.

Ilustrasi Kecelakaan

Bagaimana jika intensitas hujannya ringan atau sedang ?

Bagi admin tidak ada tips yang cukup tepat memilih helm disaat kondisi hujan :mrgreen: . Dalam artian, pemilihan helm yang ideal untuk semua kondisi baik panas maupun hujan adalah tetap gunakan helm bertipe Full Face karena erat kaitannya dengan melindungi kepala disaat terjadi kecelakaan.

Berkendara dalam kondisi hujan, sama berbahayanya dengan riding dalam kondisi malam hari karena visibilitas mata saat berkendara menjadi berkurang. Apalagi jika berkendara dimalam hari dalam kondisi hujan, hmm lebih baik tunggu sampai hujan benar-benar berhenti.

Admin akan memberikan contoh yang pernah admin alami. Saat itu admin berkendara di malam hari, beruntung kondisi jalan sedang sepi. Di tengah perjalanan, tiba-tiba ada hembusan angin kencang disertai dengan daun-daun pohon disekitar jalan tersebut yang beterbangan.

Dalam kondisi tersebut jelas pandangan admin terganggu, dan kemudian sempat kaget karena ada batang dahan pohon yang melintang jalan. Sontak roda motor pun menghantam batang dahan pohon tadi dan admin tersungkur. Alhamdulillah, admin masih diberikan pilihan hidup saat itu. Helm yang admin gunakan bertipe full face dibagian mulut tergores sangat dalam.

Yup, admin jatuh ke aspal dengan posisi wajah menghadap ke aspal. Beruntung, dengan memilih helm Full Face, bagian dagu dan mulut aman meskipun benturan dengan aspal memaksa mulut admin tertekan keras di bagian helm hingga bercucuran darah. Jika saja menggunakan helm half face, maka cedera yang admin alami bisa jadi akan menjadi lebih parah.

So, pilihan helm yang ideal tetap admin sarankan menggunakan helm bertipe Full Face. Jadi yang tidak diperbolehkan adalah tidak menggunakan helm sama sekali, ya minimal gunakan helm Half Face jika memang tidak cukup nyaman menggunakan tipe Full Face. Menurut admin ini hanya soal kebiasaan saja. Sering menggunakan Full Face maka kita pun akan menjadi terbiasa. (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...