MotoGP Valencia, Marquez Sempurnakan Gelar, Rossi 2, Pedrosa 3

image

Seru. Yup, sebagai seri balap terakhir GP valencia cukup memberikan hiburan bagi penonton. Berkarakter sirkuit pendek, pembalap harus menyelesaikan 30 lap dalam satu kesempatan balap. Honda vs Yamaha the best…


Mengawali balap sebagai pole, Rossi malah tak memanfaatkan dengan baik. Iannone di posisi 2 start langsung ambil alih pemimpin lomba di barisan terdepan dan bertahan dalam waktu cukup lama.

Rossi yang berasa di posisi 2 pun cukup sulit mengejar. Sedangkan perebutan posisi 3 cukup seru dengan aksi battle honda dan ducati. Duo honda yang ‘telat’ panas akhirnya merangkak naik untuk mendekat dengan barisan depan yang diisi iannone dan rossi.

Marquez nyamar nih. Mengawali start buruk, marquez malah cukup moncer beberapa lap selanjutnya, dibuktikan dengan catatan waktu yg lebih cepat hingga akhirnya mampu menempel ketat rossi dan iannone.

Pembuktian RC213V 2014. Motor tunggangan marquez kembali membuktikan diri sebagai faktor utama dominasi marquez kali ini dengan sukses meninggalkan rossi dan iannone melesat jauh di depan hingga terpaut lebih dari 1,6 detik di sisa 7lap terakhir.

Iannone problem ducati. Iannone yang cukup kuat meladeni jajaran pembalap pabrikan mengalami masalah pada motornya di pertengahan balap, namun karena gap yg cukup jauh dengan pembalap belakang iannone beruntung bisa masuk kembali ke barisan.

Hujan ganggu prediksi pembalap di lintasan. Yah, dengan status balapan kering beberapa saat gp valencia terganggu dengan rintikan hujan. Namun banyak pembalap pun tak bergeming dengan terus balapan. 2 pembalap yang salah mengambil keputusan adalah Lorenzo dan Iannone. Bermaksud ganti motor untuk keuntungan prediksi lintasan basah, gerimis pun menghilang dan keduanya pun semakin tertinggal karena ban basah yang memperlambat waktu di lintasan kering. Tak tanggung2, kedua nya akhirnya memutuskan out tak menyelesaikan balapan.

Meakipun marquez sukses mendominasi, applause patut diberikan pada rossi yang kuat mempertahankan posisi 2 meskipun sempat diganggu oleh dani pedrosa. Finish, Marquez sempurnakan gelar juara dunianya dengan juara seri valencia, diikuti Rossi di posisi 2 dan Pedrosa 3. Kemenangan Marquez kali ini juga memecahkan rekor mick doohan dengan 13 kemenangan pada 2014. (fnc)

image

_____________________

Related Post :

No Comments

Kolom Komentar