yamaha

MotoGP Mandalika, 10 Besar Kualifikasi, 2 Motor Jepang, 8 Motor Eropa

yamaha

Motomaxone.com – MotoGP Mandalika Indonesia akan digelar nanti siang pukul 14.00 WIB. Sesi kualifikasi pun juga sudah resmi berakhir kemarin. Hasilnya Yamaha kali ini unggul  dan berhak memimpin start perdana MotoGP Mandalika.

Disela market share Yamaha yang tergilas habis oleh Honda di Indonesia. Quartararo memberikan kebanggaan. Pole position perdana MotoGP Mandalika, yups pole position pertama dikelas motogp yang digelar di sirkuit Mandalika Indonesia.

Fabio Quartararo secara dramatis mencetak waktu tercepat dibandingkan pembalap lainnya dengan torehan 1 menit 31,067 detik bersama Yamaha YZR-M1 2022 miliknya. Sedangkan Alex Rins dari Suzuki membukukan waktu 1’31.582, dan berhak menempati posisi 8 pada starting grid balapan motogp hari ini.

2 pembalap diatas penulis sorot karena hanya kedua pembalap itulah yang sukses menembus 10 besar pembalap tersebut dari pabrikan motor asal Jepang. 8 pembalap lainnya berseragam Ducati, KTM dan Aprilia yang merupakan pabrikan motor asal Eropa.

Quartararo diapit langsung oleh dua pembalap satelit Ducati dari Pramac Racing yaitu Jorge Martin dan Johann Zarco. Diposisi keempat ada Brad Binder dari KTM, yang meraih podium 2 di seri perdana MotoGP GP Qatar yang lalu.

Posisi ke 5 dan 6 berturut-turut diisi oleh pembalap Ducati. Posisi kelima ditempati oleh Enea Bastianini dari tim independen Ducati Gresini sedangkan posisi ke 6 diisi oleh pembalap pabrikan Ducati yaitu Pecco Bagnaia.

Miguel Oliveira diposisi 7, pembalap KTM rekan dari Brad Binder ini masih lebih cepat dari Rins Suzuki yang berada diposisi 8. Posisi ke 9 ditempat oleh rekan Bagnaia, Jack Miller dari tim Ducati Lenovo. Diposisi 10, Aleix Espargaro dari Aprilia unjuk gigi mengamankan posisi 10 besar.

Marc Marquez yang digadang-gadang bisa kompetitif di grid depan. Ternyata tak sesuai harapan. Dirinya hanya menempati posisi 14. Begitu juga Pol Espargaro yang menjadi andalan Repsol Honda diawal musim ini, hanya menempati posisi 16. Morbidelli rekan setim Quartararo di Yamah pun juga demikian, cukup di posisi 15.

Hal ini memberikan kesimpulan bahwa balapan sirkuit Mandalika akan berlangsung seru dan kompetitif. Dimana torehan pembalap tercepat hanya 0,6 detik saja dari posisi grid ke 10.

Marc Marquez sendiri sempat mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas kemarin. Namun terlihat dirinya terus untuk tampil agresif demi membidik target finish diposisi 5 besar.

Yamaha Indonesia pasti berharap Quartararo merebut podium pertama karena hal ini tentu akan sedikit berimbas pada penguatan sisi marketingnya. Begitu pula AHM yang ingin Marquez atau Pol unjuk gigi untuk mencoba membangun kesan merekalah yang layak merajai pangsa pasar otomotif roda dua di tanah air.

Namun penulis sendiri berharap Ducati lah yang merebut Juara GP Mandalika 2022. Meskipun tak berharap banyak pada duo pembalap Ducati Pabrikan. (F4)

Kolom Komentar