yamaha

MotoGP : HRC Sumringah, Joan Mir Beri Harapan Baru Honda kembali ke jalur Juara Tahun Depan

yamaha

Motomaxone.com – Musim kompetisi MotoGP akan sedikit berbeda. Suzuki mundur dari kompetisi, buang-buang uang karena biaya kompetisi yang cukup besar. Dua pembalapnya pun free job alias tak ada kerjaan. Honda yang ketiban untung.

Dua pembalap potensial Suzuki itu digaet bersamaan. Joan Mir akan bergabung dengan Repsol Honda. Sedangkan Alex Rins akan memperkuat LCR Honda. Harusnya HRC tersenyum senang. Setidaknya harapan juara dunia tahun depan lebih terbuka ketimbang sekarang.

Apalagi Joan Mir akan diduetkan dengan Marc Marquez, duet ampuh dan kompetitif. Mirip duet Rossi dan Lorenzo di Yamaha dulu, rekan setim tapi musuh nyata diatas aspal. Joan Mir tentu juga berhasrat Juara Dunia. Mengulang suksesnya bersama Suzuki. Jadi jangan harap Marc Marquez mendapatkan bantuan untuk juara lagi.

Bagi HRC, duet Joan Mir – Marc Marquez di MotoGP musim depan akan memberikan benefit yang menarik. Pengembangan motor dari dua karakter pembalap berbeda yang sama-sama potensial. RC213V akan lebih berkembang musim depan, itupun bila tidak dibarengi pengembangan teknologi yang juga masif dari Ducati dan Yamaha.

Tapi Joan Mir juga perlu membuktikan diri. Jangan sampai bernasib sama seperti Pol Espargaro. Yang akan didepak Honda tahun depan ‘2023’. Ekspektasi HRC sudah terlanjur tinggi pada sosok Pol, tapi mengecewakan. Begitu juga dengan Pol Espargaro, menganggap Honda lah yang mengecewakan. Tidak memberi paket motor yang kompetitif, sekompetitif macam RC213V yang menjadikan Marquez juara dunia berkali-kali.

Musim depan ‘2023’ Pol bakal balik membela tim KTM. Bukan tim utama, hanya tim satelit. Nama tim itu GASGAS Factory Racing. Bukan pabrikan motor trail Gazgas pastinya. Pol juga sempat menumpahkan curahan hatinya. Di Repsol Honda, dirinya tidak dapat berkembang. Itu kenapa dirinya ingin hengkang. Yang pasti, tujuan bergabung dengan Repsol Honda itu belum terealisasi bagi Pol Espargaro yaitu mendapatkan hasil yang baik, kompetitif diperebutan gelar juara.

Kolom Komentar