MotoGP GP Estoril, Progress Ducati

Pembukaan GP Estoril dimulai dengan sesi Free Practice I yang disusul dengan Free Practice II. Dari sekian banyak penampilan para pembalap, ada yang menunjukkan peningkatan dan penurunan hasil latihan tersebut.

Sebut saja Spies, sempat merebut waktu tercepat pada sesi latihan bebas pertama. Namun spies akhirnya harus tergusur 1 grid dan mengakui performa stoner dengan Honda RC213V nya pada latihan bebas kedua. Akan tetapi, meskipun mengalami penurunan hasil akhir Spies tetap menunjukkan progress yang lebih baik dari latihan pertama.

Selain spies, yang patut diikuti perkembangannya adalah sang pembalap yang berkutat pada settingan kuda besinya yang tak kunjung berimbas positif. Yup, The Doctor. Progress GP12 di GP Estoril ini lebih menjanjikan daripada seri sebelumnya. Bahkan diawal FP 1, Rossi membukukan catatan waktu terbaik ke 3 meskipun saat FP2 Rossi malah merosot ke urutan 9. Hal ini juga didukung dengan absennya pembalap utama yamaha jorge lorenzo dan barbera pada sesi awal latihan bebas.

Rossi mengakui, bahwa mengawali GP Estoril ini dia menggunakan settingan motor seperti halnya di jerez pekan lalu. Setup motor yang digunakan tersebut ternyata adalah setup motor hayden yang dalam performanya akhir-akhir ini lebih baik ketimbang Valentino Rossi.

Sebenarnya terdapat perbedaan antara motor Rossi dan Hayden. Motor hayden cenderung lebih rendah dan panjang. Berbeda dengan motor Rossi yang lebih tinggi dan pendek. Hal inilah yang diyakini Rossi menjadi kelemahan setup motornya. Meskipun sepintas Rossi tak lebih baik, namun peningkatan ini merupakan poin penting perkembangan Ducati GP12 kedepan. So, dengan hasil ini tak menutup kemungkinan Rossi akan mampu berbicara banyak pada saat race berlangsung. (fnc)

Kolom Komentar