Modifikasi Ekstrem, Honda Vario 150 Jadi Tiga Roda Macam Tricity

Motomaxone.com – Ulah jail modifikasi kerap kali bikin geleng-geleng kepala. Modifikasi tak lagi bertujuan mendapatkan fungsinya. Namun lebih pada menyalurkan ide kreatif dibenak kepala. Seperti Honda Vario yang diubah menjadi skuter roda tiga macam Piaggio MP3. Modifikasi Ekstrem, Honda Vario 150 Jadi Tiga Roda Macam Tricity.

Modifikasi Ekstrem, Honda Vario 150 Jadi Tiga Roda Macam Tricity

Memodifikasi motor menjadi roda tiga biasanya untuk kebutuhan disabilitas. Secara umum, bagian depan hanya berisi satu roda saja sedangkan bagian belakang diberikan dua roda. Namun modifikasi yang satu ini berbeda. Lain dari semacamnya. Bagian depan lah yang diubah menjadi dua roda sedangkan bagian belakang tetap satu roda.

Ternyata si empunya motor, terinspirasi dari Piaggio MP3 dan juga Tricity dari pabrikan garpu tala. Mengubah bagian depan menjadi dua roda tentu tidak mudah. Mekanisme perakitan roda dua didepan dibuat seperti mekanisme roda kendaraan roda empat yaitu mekanisme suspensi independen. Bila salah satu sisi roda terkena guncangan pada saat jalan, maka bagian itu saja yang bekerja sedangkan bagian lainnya akan tetap pada kondisinya.

Dengan mengusung suspensi independen dibagian depan maka pergerakan roda dan suspensi menjadi lebih fleksibel. Kerja suspensi pun lebih nyaman untuk pengendaranya. Sehingga untuk kebutuhan melibas tikungan, motor ini juga bisa miring layaknya Piaggio MP3.

Untuk menjadikan Vario menjadi model roda tiga seperti ini, diakui pemiliknya bahwa velg nya bukan lagi milik Vario. Sepasang velg depan dan ditambah belakang, menggunakan velg dari Vespa Sprint 150. Sedangkan sepasang suspensi depan diadaptasi dari model motor Adiva AD3 400.

Dikarenakan menggunakan velg Vespa Sprint 150 Original maka pemilik harus menebus lima jutaan untuk 3 pasang velg Vespa tersebut. Dengan pengerjaan yang memakan waktu tiga minggu itu, hasil modifkasi seperti ini menghabiskan dana sekitar 12 jutaan. Namun tak hanya itu..

Penggunaan roda tiga tentu menjadikan motor memiliki traksi ke jalan lebih besar dari sebelumnya. Itu kenapa sektor performa juga ditambah. Sejatinya mengusung platform Vario dengan mesin 150cc, maka kapasitasnya pun ditambah menjadi 180cc untuk menghasilkan performa yang lebih besar sebagai konsekuensi berat motor yang bertambah karena hadirnya 3 roda dan piranti mekanik untuk sepasang roda depan tersebut.

Ubahan tampilan lagi-lagi belum cukup sampai disitu. Untuk sektor penerangan, lampu depan LED bawaan pabrik diubah menjadi model LED yang menggunakan projector. Padahal bawaan pabrik sudah lebih dari cukup ya. Ya demikianlah modifikasi…

Detail Part Untuk Modifikasi :

  • Swing arm depan model suspensi independen
  • Monoshock Kitaco Racing (Depan)
  • Velg original Vespa Sprint 150
  • Master rem Kitaco Racing (Atas, bawah)
  • Swinarm NUI (belakang)
  • Knalpot R9
  • Visor Clear
  • Spion variasi model tomok/rizoma

Kolom Komentar