Merawat Aki Supaya Nggak Mudah Tekor, Starter Langsung Jalan !!

Untuk membuat aki berumur panjang, apapun mereknya  tetap harus didukung perawatan dan pengisian (charge) yang baik. Baik aki basah atau kering alias Maintenance Free (MF) yang sekarang banyak dipakai di motor keluaran baru.

Mengingat harga yang cukup menguras kocek, diperlukan trik khusus agar aki makin awet dan enggak bikin masalah. Dan cara paling mudah agar setrum aki tidak tekor, setelah motor dinyalakan dengan motor starter yang menyerap arus hingga 400-500 watt, baiknya mesin tetap dihidupkan kira-kira 15 menit.

Paling penting lagi, kalau sekali starter tidak mau hidup, jangan coba ditekan terus-menerus saklar starternya. Dilepas dulu sampai sekitar 5 detik, baru kemudian tekan lagi. Memberikan jeda 5 detik agar supaya aki stabil dulu. Bila sudah hidup, lebih baik segera dipakai jalan, bukan didiamkan di tempat. Di kurun waktu itu setrum yang telah dipakai akan kembali terisi.
Sebaliknya, aki sering dipakai buat menstarter namun motor sulit hidup atau hanya dinyalakan sesaat. Setrum yang tersedia di aki akan berkurang sebesar watt yang telah dipakai. Bila sering dilakukan, jangan heran kalau aki malah menjadi cepat tekor dan sulit menghidupkan mesin. Kalau sudah begitu, harus segera discharge biar gak soak.

Khusus aki kering atau MF, baiknya discharge pakai alat khusus. Sebab sistem pengisian aki kering sangat kecil dan stabil, yaitu sebesar 0,5 ampere. Untuk membuat setrum aki kembali penuh, butuh waktu 5 sampai 8 jam tergantung besarnya aki. (fnc)

 

Sumber : otomotifnet

One Comment

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...