promo

Menilik Honda CB200X, Sport Adventure Kapasitas Tanggung Yang Cocok Untuk Konsumen Indonesia

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, Honda India baru saja meluncurkan sebuah motor baru yang dinamakan dengan Honda CB200X yang mengusung konsep motor adventure. Harganya cukup terjangkau, hanya 28 jutaan disana (India). Namun mungkinkah akan hadir sebagai produk Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia ?

Tak ada lagi kelas sport 200cc yang dimiliki oleh AHM. Yang terakhir adalah si legenda Honda Tiger yang sudah cukup lama disemayamkan alias tidak lagi diproduksi. Di India, CB200X mengusung platform mesin Hornet 2.0. Harusnya AHM juga bisa memproduksinya untuk pasar Indonesia.

Mengingat AHM belum memiliki motor sport adventure dikelas dibawah 500cc, tentu kehadiran motor semacam CB200X seperti ini sangat ditunggu. Bisa jadi akan mengusung platform mesin CB Verza namun tidak cukup menguntungkan bagi bisnis AHM. Yang memungkinkan adalah mengusung platform mesin CB150R Streetfire yang lebih berkarakter performa karena kontruksi mesin DOHC nya namun dengan upgrade kapasitas hingga ke 200cc.

Tampilan CB200X ini sejatinya cukup menarik. Cocok bila disandingkan untuk berkompetisi dengan Kawasaki Versys 250 yang hingga saat ini tidak memiliki kompetitor.

Secara tampilan mirip dengan Honda CB500X namun dimensinya agak kecil. Berciri khas adventure dengan kehadiran visor windshield dan duck fender. Suspensi depan jangkung berciri khas Upside Down, suspensi belakang monoshock, hand guard hingga shroud lebar memanjang semakin khas berkarakter adventure.

 

Di India, Honda CB200X ini mengusung spesifikasi mesin 184,4cc dengan silinder tunggal. Performanya sekitar 17,23 PS yang tak terpaut jauh dengan CB150R Streetfire dan torsi 16,1 Nm. Sudah barang tentu mengadopsi pengereman sistem ABS, lampu LED, panel meter digital dan roda asimetris depan mengusung ring roda 19” dan belakang 17”.

Motor berkonsep petualang ini sejatinya dinantikan konsumen AHM sejak lama. Sayang hingga saat ini, pihak AHM belum berminat mengisi segmen motor adventure dibawah 250cc tersebut. Seharusnya, sudah waktunya untuk Honda memikirkan menambah lineup Sport Adventure dengan kapasitas mesin kecil. Mengingat antusiasme konsumen pastinya lebih tinggi sebagai produk pilihan selain segmen naked sport streetfighter. Berbicara sport adventure, tentu karakter konsumen Indonesia lebih cocok bila mengusung spesifikasi torsi melimpah macam karakter Honda Tiger masa lalu. (F4)

Kolom Komentar