Lenovo di Kubu Ducati, Bukan Sekedar Penyokong Finansial

lexi

Motomaxone.com – Musim 2022 MotoGP, Ducati sukses memenangkan kejuaraan dunia balap motor bergengsi itu. Kesuksesan Ducati tersebut bukan hanya dimiliki sendiri. Lenovo yang merupakan sponsor utama Ducati Corse musim lalu ternyata bukan hanya berkontribusi keuangan sponsor saja.

Lebih jauh, Lenovo sebagai sponsor utama yang mendukung finansial tim merah asal Italia juga memberikan support terkait tugas teknis di Tim Ducati Lenovo. Hal ini diungkapkan langsung oleh Lara Rodini selaku Direktur Sponsorship Lenovo.

Lenovo bukan hanya memberikan dukungan terkait finansial saja. Namun Lenovo juga berinvestasi teknologi dimana sangat sesuai dengan MotoGP yang mengedepankan teknologi.

Sebagai contoh fasilitas komputasi Ducati Corse dalam mendesain Desmosedici GP, terkhusus komponen aerodinamika, semua hal tersebut mendapat dukungan penuh dari brand asal Tiongkok tersebut. Analisis dan mencari data realtime saat di lintasan juga menjadi bagian dari Lenovo. Termasuk keputusan-keputusan penting dalam akhir pekan balap MotoGP.

Makin jauh Lenovo menjelaskan bahwa mereka turut memberikan dukungan pada Ducati dalam aplikasi AI (Artificial Intelligence) / kecerdasan buatan, kerja jarak jauh, garasi jarak jauh, pusat kontrol dalam aktivitas balap secara langsung dari para petinggi Ducati di Italia, semua hal tersebut sudah mendapatkan dukungan penuh dari Lenovo.

Dukungan Lenovo untuk Ducati ini sejatinya lumrah terjadi di dunia Formula 1. Sebagian besar tim F1 selalu memiliki dukungan sponsor yang bergerak di bidang IT. Sebut saja RedBull, sang juara Formula 1 musim 2022, mereka mendapat dukungan IT pula dari perusahan ternama Oracle. Ferrari juga pernah menggandeng Lenovo, Acer dan AMD.

Sponsor IT tersebut selain memberikan dukungan, juga mendapatkan manfaat dalam pengembangan teknologi mereka di dunia balap. Mengingat teknologi server dari tim-tim balap seperti Formula 1 misalnya sudah sekelas mainframe.

Jadi dalam hubungannya Lenovo dengan Ducati, juga berkaitan dengan pengembangan teknologi Server. Lenovo biasa mendesain pengoperasian pusat data ber-AC untuk memberikan suhu terbaik bagi perangkat. Namun balapan adalah tempat percobaan yang sangat sulit. PC Desktop, Notebook hingga Server Portable, mereka diharuskan bekerja maksimal dengan potensi penuh dalam kondisi diluar ruangan ber-AC tadi sehingga input dari tim-tim balap semacam Ducati sangatlah penting untuk pengembangan produk dari Lenovo nantinya. (~fn)

About MOTOMAXONE.COM 4626 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

Be the first to comment

Kolom Komentar