Shakedown Sepang Day 3, Desmosedici GP23 dan Yamaha M1 Berlomba Menjadi Terkencang

lexi

Motomaxone.com – Tes shadown Sepang di hari ketiga resmi dituntaskan. Dua motor nampak terlihat bersaing menjadi yang tercepat. Ducatri Desmosedici GP23 dan Yamaha YZR-M1 2023. Namun pabrikan garpu tala itu masih legowo mengakui keunggulan tim merah asal borgo panigale Italia itu.

Pembalap penguji dari tim Ducati adalah Michele Pirro dengan motor terbarunya GP23. Dihari ketiga tes shakedown Sepang itu, Desmosedici GP23 mengungguli kontestan lainnya dengan menjadi motor tercepat dengan torehan waktu 1:59.803s. Hasil itu mematahkan hasil sebelumnya yang dicetak oleh pembalap yang sama (Pirro) dengan waktu lebih lambat +0,315 detik (posisi ke 2).

Selain menjadi yang tercepat. Ducati Desmosedici GP23 milik Pirro juga mencatatkan kecepatan tertinggi mencapai 336,4 km/jam. Torehan kecepatan tertinggi itu bahkan diyakini bukan yang tertinggi yang dicatatkan oleh Ducati. Mengingat kecepatan tertinggi yang ditunjukkan ‘diganti’ setiap kali pembalap melewati speed trap.

Sorotan lain pada tes Shakedown Sepang ini adalah Yamaha YZR-M1 2023 (Test Bike 3). Calon motor Quartararo dan Morbidelli yang dikendarai pembalap penguji Cal Cruthclow itu juga tak luput dari sorotan. Hal itu dikarenakan performa mesin Yamaha baru ini meningkat signifikan dibandingkan versi tahun lalu. Cal, sukses mencatatkan diri di posisi 3 tercepat , dengan catatan waktu 0,550 detik lebih lambat dari catatan terbaik Pirro dan Ducati.

Cal dengan Yamaha M1 2023 baru itu juga menorehkan kecepatan tertinggi mencapai 335,4 km/jam. Torehan itu ternyata lebih cepat 4 km/jam dari catatan top speed Quartararo di grand prix Sepang Malaysia pada Oktober 2022 lalu.

Pada tes Shakedown Sepang ini Cal Cruthchlow melakukan pekerjaan sebagai pembalap penguji nyaris sendirian untuk membantu pengembangan motor Yamaha. Dia bertukar antara tiga motor tes berbeda yang dibawa Yamaha yaitu T1, T2, T3. Turun di trek pada Day 3 dengan motor T3, fokus Yamaha adalah potensi dari fairing baru. (~fn)