Kualifikasi GP Motegi, Lorenzo Rebut Pole Position

Yamaha dan Honda pantas disebut sebagai raja di kompetisi bergengsi balap MotoGP. Hal ini tak bisa dipungkiri bahwa bila seorang rider menunggangi salah satu dari motor pabrikan tersebut, akan mudah bersaing dipapan teratas.

Inilah yang terjadi pada rangkaian sesi GP Motegi. Rider andalan dari 2 pabrikan besar tersebut silih berganti mencatatkan diri sebagai pembalap tercepat. Pada FP 1 didominasi oleh Lorenzo, FP 2 giliran Pedrosa mengambil alih, FP 3 Pedrosa kembali membukukan waktu tercepat. Nah kini giliran QP atau biasa kita kenal dengan sesi kualifikasi.

Kualifikasi resmi MotoGP Motegi membawa Lorenzo meraih pole position. Kaget? Nggak juga. Karena dari rangkaian sesi, baik Lorenzo dan Pedrosa hanya terpaut antara 0,1 – 0,2 detik dari keduanya.

Lorenzo akhirnya mematahkan ambisi pedrosa untuk mengunggulinya di starting line-up. Jelas, bukan perkara mudah. Karena Pedrosa mendapatkan support penuh dalam pengembangan RC213V nya. Namun Lorenzo membuktikan sekali lagi, bahwa Yamaha M1 tak bisa dianggap remeh oleh seniornya yang lebih dulu mengecap sengit nya kompetisi kelas MotoGP.

Prediksi Race besok siang akan berkutat pada kemenangan Lorenzo atau Pedrosa. Jika tidak ada faktor “X” yang menghalangi keduanya meraih juara di sirkuit Motegi. Namun, selain faktor X, patut diwaspadai pembalap lain seperti Cal yang kali ini mencatatkan diri diposisi 3 kualifikasi, Spies (4) dan Bautiista (5). Stoner yang hanya menempati posisi 7, juga patut diwaspadai fighting spiritnya.

Rossi dan hayden bersama Ducati, masih kurang kompetitif melihat catatan waktu yang diraihnya. Jelas, ini adalah pekerjaan rumah petinggi Ducati lebih dapat mendesain motor tak hanya galak dalam segi kekuatan mesinnya namun stabil dan mampu dikendarai dengan nyaman oleh pembalapnya. (fnc)
Hasil Kualifikasi GP Motegi :

Kolom Komentar