Kawasaki Ninja ZX-25R Hadir di Tokyo, Mimpi Ninja 250 4-Silinder Yang Menjadi Kenyataan

Motomaxone.com – Kawasaki Ninja ZX-25R Si Ninja 250 4 silinder resmi dirilis di Tokyo Motor Show. Cukup lama sekali penantian itu. Penantian hadirnya si ninja 250cc namun dengan kontruksi 4 silinder tersebut. Yang dinantikan oleh kalangan speed lover terlebih lagi oleh penggemar motor kawasaki.

Ninja ZX-25R ini hadir bersamaan dengan Kawasaki Z H2 yang merupakan supernaked berteknologi supercharger itu. Namun bagaimana dengan Ninja ZX-25R ini sendiri ?

Menjawab tantangan…

Mungkin itu yang terlintas dari penulis melihat hadirnya Ninja ZX-25R ini. Motor sport 250cc yang digadang-gadang akan memberikan kesan berbeda dibandingkan motor 250cc yang lain. Dikarenakan kehadiran kontruksi 4 silinder segaris-nya tersebut.

Tak lagi hadir perdana di indonesia seperti Ninja 250 2 silinder. Hadirnya Ninja ZX-25R (250cc 4 silinder) ini sepertinya akan menjadi produk flagship dikelas 250cc. Itulah mengapa untuk memperkenalkannya secara resmi harus dari negeri asalnya sendiri yaitu Jepang sebagai kandangnya pabrikan Kawasaki.

Sekilas dari bentuk fisiknya, Ninja ZX-25R tak berbeda dengan New Ninja 250 (2 silinder). Garis desainnya baik didepan maupun dibelakang begitu miripnya.Namun berbeda dari struktur rangka hingga mesinnya.

Ninja ZX-25R menggendong mesin 249cc, 4-silinder inline, DOHC, 16-klep. Sistem pengkabutan bahan bakar fuel injection. Mengusung sistem pendingin radiator (cairan/liquid). Meskipun memiliki kapasitas mesin kecil 250cc namun mengusung kinerja mesin dengan cara yang mirip dengan motor 600cc.

Menggendong model rangka trellis jenis baru yang berbeda dari New Ninja 250 2 silinder. Namun masih mengadopsi teknologi rangka Kawasaki H2 yaitu High-tensile steel. Desain knalpotnya sendiri mengusung model desain underbelly.

Secara fitur dalam mesinnya sendiri, Kawasaki membekali Ninja ZX-25R ini dengan KTRC yaitu Kawasaki Traction Control dan Quick shifter (KQS). Tentunya akan menjadi ancaman serius dari CBR250RR yang saat ini ngerecoki keberadaan Ninja 250 2 silinder.

Suspensi depan sudah mengusung model Upside Down (USD) sedangkan suspensi belakang menggunakan tipe Backlink Horizontal. Dari perangkat peredam kejut ini sendiri dibekali Kawasaki dengan fitur SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston) yang memperkenankan fungsi terpisah yang berbeda dari suspensi bagian kanan dan kiri.

Untuk fungsi pengereman. Ninja ZX-25R dibekali dengan cakram tunggal yang mengusung kaliper monoblok yang dipasang secara radial.

Kesimpulan, tak banyak spesifikasi yang bisa digali lebih lanjut dari motor ini karena spesifikasi teknis secara resminya pun belum diperlihatkan kepada publik saat ini di Tokyo Motor Show begitu juga dengan harganya. Namun bagi penulis Ninja ZX-25R  merupakan sebuah karya yang begitu memukau banyak pihak. Dimana motor ibarat impian banyak pihak khususnya penggemar Kawasaki. Menyuguhkan mesin 250cc yang memaksa untuk menekan batas teknologi untuk menghasilkan kecepatan yang maksimal (untuk saat ini) sebagai bentuk realisasi dari spekulasi kehadirannya didunia maya jauh hari yang lalu difikir tidak akan terbukti secara nyata. (red)

FITUR UTAMA KAWASAKI NINJA ZX-25R :

  • Displacement: 249cc
  • No. of Cylinders: 4 cylinder
  • Gearbox: 6-Speed
  • Liquid-cooled, Fuel Injection
  • DOHC, 4 Valves Per Cylinder (16-valve)
  • Kawasaki Traction Control (KTC)
  • Kawasaki Quick Shifter (KQS)
  • Power Mode
  • Radial Mount Monoblock Front Brake Caliper
  • Horizontal Back-link Rear Suspension
  • Separate Function Fork (SFF-BF) Front Suspension
  • High-Tensile Steel Trellis Frame

VIDEO LAUNCHING NINJA ZX-25R :

FOTO LAIN NINJA ZX-25R :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...