2020 Kawasaki Z H2, Naked Bike Pertama Didunia Berteknologi Supercharger

Motomaxone.com – Wujud Kawasaki Z H2 akhirnya terkuak dari Tokyo Motor Show. Bisa dibilang motor ini merupakan tipe tertinggi dari klan Kawasaki Z series. Karena meskipun mengusung mesin 1000cc ala Z1000 tapi motor supersport naked kawasaki ini sudah dibekali dengan teknologi Supercharger.

Disematkankan Supercharger di Kawasaki Z H2 ini menjadikan motor ‘super’ ini sebagai satu-satunya motor naked berteknologi supercharger pertama yang diproduksi massal dan pertama didunia. Teaser bagian depan yang sebelumnya tersebar di dunia maya yang banyak masyarakat otomotif indonesia menyebutkan mirip salah satu matik nya yamaha ini, ternyata tak sesuai ekspektasi mereka. Tentunya beda jauh… jauh sekali malah.

Kawasaki membekali Z H2 ini dengan mesin 4 silinder supercharged. Konsep nakednya sendiri tetap mempertahankan garis desain Kawasaki H2 tipe fairing/sport. Namun yang membedakan adalah performa Kawasaki ZH2 ini difokuskan pada area torsi rendah hingga menengah sehingga karakter mesinnya mudah untuk dikendalikan.

Revisi intake dan ram air supercharger sengaja dilakukan oleh Kawasaki untuk memperoleh kesan berbeda dari sisi performa dari ZH2 ini dibandingkan dengan H2 tipe sport fairingnya. Untuk mendapatkan berbagai kesan performa berbeda itulah, Kawasaki pun rela untuk membuat desain baru untuk knalpotnya yang mengusung teknologi katalis tunggal.

Kawasaki menyebutkan selain sasis yang kesemuanya dirancang baru. Bagian baru lainnya adalah Swingarm. Bagian ini berbeda dengan yang dimiliki oleh tipe sportnya baik itu Kawasaki H2 maupun H2 SX. Mengingat ZH2 adalah tipe nakedbike maka Kawasaki pun meminjam teknologi ZX-10R khusus untuk bagian ini.

Piranti pengereman pun  demikian. Kawasaki memberikan update piranti pengereman ala supernaked bike yang dimiliki ini. Sepasang kaliper Brembo M4.32 Monoblok yang dipasang secara radial dibagian depan. Berfungsi untuk menghentikan cakram berdiamter 290mm itu. Master silindernya sendiri buatan Nissin dan juga ada kaliper dobel piston dan cakram 226mm untuk perangkat pengereman dibagian belakang.

Bukan hal spesial jika Kawasaki hanya memberikan bekal pengereman itu saja. Oleh karena itu Kawasaki telah membenamkan teknologi KIBS untuk mengatur sistem pengereman Kawasaki Supernaked ZH2. KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Braking System) bukan teknologi ABS yang biasa. Beroperasi melalui IMU pusat yang membantu mencegah roda belakang terangkat berikut juga menjaga kestabilan. KIBS yang kombinasikan dengan sistem IMU dan Brembos diklaim sebagai sistem pengereman berspesifikasi tinggi dari Kawasaki Supernaked ZH2.

IMU sendiri merupakan sistem pengaturan yang memantau akselerasi sepanjang sumbu longitudinal, transversal dan vertikal. Ditambah laju roll dan pitch secara internal yang mana dihitung secara sistematis oleh ECU yang disebut oleh kawasaki sebagai original software milik mereka. Sistem rumit ini mampu memantau pemilihan gigi, selip roda belakang hingga RPM mesin untuk menghitung berapa sudut penggerak yang dibutuhkan.

New Supernaked ZH2 ini juga dibekali dengan Quickshifter dan Blipper sebagai standar yang akan mulai bekerja pada kecepatan lebih dari 2.500 RPM. Quickshifter sendiri berfungsi untuk memuluskan perpindahan transmisi baik pada kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi yang mengadopsi dari teknologi tim balap Kawasaki.

Dahsboard panel speedometer full digital. Layar LCD TFT nya memiliki background warna yang memiliki cukup banyak informasi seperti tampilan kecepatan , posisi gir, lampu shift, odometer, trip meter ganda, pengukur bahan bakar, konsumsi bahan bakar rata-rata dan juga real time, suhu luar, suhu radiator, jam, indikator ekonomis berkendara, indikator IMU, indikator KIBS dan banyak lagi indikator lainnya termasuk adanya koneksi bluetooth untuk bisa terhubung dengan smartphone anda melalui Aplikasi Kawasaki Rideology.

Nilai tambah lain yang dimiliki Kawasaki ZH2 adalah adanya Cruise Control. Teknologi baru ini memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan mesin secara stabil dan harus capek pluntir terus menerus throttl/ handle gas. Mirip seperti teknologi yang pernah penulis lihat dari BMW S1000RR. (red)

Gambar Lain :

2020 Kawasaki Z H2 Engine :

  • 998cc, liquid-cooled inline-four DOHC 16V
  • Fuel-injected with supercharger
  • 200PS @ 11,000rpm (197bhp)
  • 137Nm @ 8,500rpm (101ft-lb)

2020 Kawasaki Z H2 Equipment :

  • Riding modes – Sport, Road, Rain, Rider
  • Power modes – Full 197bhp – Middle 147bhp – Low 98bhp
  • IMU – Bosch
  • KIBS (ABS)
  • KLCM – Kawasaki Launch Control
  • KTRC – Kawasaki traction Control
  • KQS – Kawasaki Quick Shifter
  • Cruise control
  • LED lighting
  • TFT dash
  • Smartphone connectivity

2020 Kawasaki Z H2 Spesifikasi :

ENGINE
Type Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four, 16-valve DOHC
Power 197bhp (claimed) @ 11,000rpm
Torque 137Nm (claimed) @ 8,500rpm
Displacement 998cc
Bore and Stroke 76.0 × 55.0 mm
Compression ratio 11.2:1
Intake system Kawasaki Supercharger
Ignition Digital
Starting Electric
Lubrication Forced lubrication, wet sump with oil cooler
DRIVETRAIN
Transmission 6-speed, return, dog-ring
Final drive Chain
Primary reduction ratio 1.480 (74/50)
Gear ratios
1st

3.077

2nd

2.471

3rd

2.045

4th

1.727

5th

1.524

6th

1.348

Final drive ratio 46/18
CHASSIS
Type High-tensile steel trellis
Front travel 120mm
Rear travel 134mm
Tyre front 120/70ZR17 M/C 58W
Tyre rear 190/55ZR17 M/C 75W
Rake 24.9°
Trail 104mm
Suspension – F Showa SPF BP forks
Suspension – R Showa shock – Uni Trak
Brakes – F Brembo M4 290mm discs
Brakes – R Twin piston caliper 226mm disc
DIMENSION
Length 2,085mm
Width 810mm
Height 1,130mm
Wheelbase 1,455mm
Ground clearance 140mm
Seat height 830mm
Weight (ready to ride) 239kg
Fuel capacity 19l
About MOTOMAXONE.COM 4629 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

Be the first to comment

Kolom Komentar