GP Malaysia : Gagal Podium, Rossi Catatkan Rekor Fastest Lap Rider Sirkuit Sepang

Motomaxone.com – Valentino Rossi kembali gagal naik podium. Kali ini di MotoGP Sepang Malaysia. Pertarungannya merebut podium tiga melawan Dovizioso dari Ducati tidak membuahkan hasil. Rossi ‘harus’ puas di peringkat 4.

GP Malaysia : Gagal Podium, Rossi Catatkan Rekor Fastest Lap Rider Sirkuit Sepang

Man of the match di GP Malaysia memang bukan Valentino Rossi. Melainkan Marc Marquez. Yang memulai balapan di P11 namun finish di P2. Mengejutkan memang, tapi sudah penulis prediksi sebelumnya kalau the baby alien ini bakal bisa merangsek keposisi atas.

Pemenangnya pun juga bukan Rossi. Melainkan rekan setimnya di Monster Energy Yamaha. Maverick Vinales sukses mempertahankan P1 dari awal balapan hingga akhir balapan tanpa tersentuh lawan-lawannya termasuk Marc Marquez. Saking banternya, Vinales sampai memiliki GAP dengan Marquez di P2 mencapai 3 detik.

Namun kamera sepang malaysia rupanya lebih berminat mempertontonkan Valentino Rossi yang lagi duel sengit. Yamaha vs Ducati. Rossi vs Dovizioso. Yang sayangnya Rossi pun gagal menang. Yang penulis kira, Rossi bakal melalukan manuver ‘gila’ ditikungan terakhir sebagai kans terakhir saat itu merebut podium dari Dovi. Tapi itupun tak terlaksana.

Meski gagal Rossi mengatakan dirinya menikmati balapan.

Meski sepanjang musim 2019 ini mengalami masalah keausan ban yang signifikan disemua seri balapan yang sudah dijalani. Namun Rossi mencatatkan waktu bagus. Mampu menggangu Dovi sepanjang balapan, ini bonusnya.

Dan yang terpenting adalah Valentino Rossi mencatatkan rekor sebagai pembalap dengan lap time tercepat di Race GP Malaysia 2019. Rossi mencatatkan waktu 1’59.661. Lebih cepat dari Vinales 0,183 detik. Lebih cepat dari Marquez 0,274 detik.

Rekor waktu yang cukup untuk memberikan kepercayaan diri kembali kepada Valentino Rossi. Karena terakhir kali Rossi mencetak rekor yang sama adalah 2016 silam dibulan Mei. Kala seri balapan di Le Mans Perancis.

Melansir crash, Rossi mengatakan “Saya senang karena itu adalah balapan yang baik bagi kami. Terutama mengingat kecepatan kami dan hasil kami di balapan sebelumnya,” mulai pembalap Yamaha. “Saya ingin mencoba podium, karena pasti podium adalah cerita lain, tetapi sayangnya saya tidak mampu mengalahkan Dovi.

“Tapi balapannya bagus, saya melakukan lap tercepat juga, dan rekor lap baru. Saya merasa baik dengan motornya, saya mengendarai dengan baik, pasti saya kehilangan sedikit waktu di awal dari [keenam] di grid. “Tapi aku menikmatinya, jadi itu akhir pekan yang baik.”

Yang pasti gagalnya Rossi mengalahkan Dovizioso dikatakan karena kurangnya cengkeraman ban karena keuasan. Selain itu juga karena Ducati memiliki kecepatan lurus yang lebih baik. Dan juga akselerasi saat keluar tikungan sehingga beberapa kali Rossi mencoba, namun berhasil dilewati lagi oleh Dovizioso dengan mudahnya.

Bekal yang cukup baik untuk Rossi menuju ke Valencia. Untuk saat ini Rossi berada di posisi 7 klasemen sementara dibawah Quartararo dan Petrucci yang sukses dikalahkan di GP Malaysia hari ini. (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...