tenaga berani diadu

First Ride All New Honda CBR150R 2021, Mantab Handling Meningkat

tenaga berani diadu

MotoMaxone.com – Yang dinanti datang juga. All New Honda CBR150R 2021 dirilis resmi di Jawa Timur. Alhamdulillah, karena menghadiri langsung undangan MPM Honda Jatim, maka MM pun berkesempatan membagikan pengalaman singkat mengendarai All New Honda CBR150R terbaru ini.

First Ride All New Honda CBR150R 2021, Mantab Handling Meningkat

Hadirnya model baru 2021 dari All New Honda CBR150R ini menjawab kenginan konsumen akan keinginan melakukan update pada modelnya. Honda pun meracik sedemikian rupa untuk mendongkrak ‘nilai’ dari produknya tersebut dengan beragam penyegaran yang pastinya menarik untuk pembaca sekalian ketahui.

Tampilan berubah total dari sebelumnya, menjadikan Honda masih percaya diri menyematkan label “All New” pada CBR150R K45R ini.

Mencoba tak ketinggalan dari sisi fitur dibandingkan produk kompetitor, maka Honda pun membenahi sedemikian rupa All New Honda CBR150R 2021 ini agar tetap mempertahankan image sebagai Sport Fairing 150cc yang diandalkan oleh Honda di pasar motor indonesia.

Terus terang, melihatnya pertama kali membuat MM terkesan. Desain yang dimiripkan dengan sang kakak Honda CBR250RR menjadikan All New Honda CBR150R 2021 ini tampak lebih berkelas secara tampilan.

Dari banyak perubahan yang sudah dilakukan Honda. Satu hal yang membuat MM begitu penasaran mencoba motor ini adalah terkait dengan handling atau kemampuan pengendalian yang dimiliki oleh motor ini berkaitan dengan perubahan besar dari sektor kaki-kaki yaitu hadirnya Suspensi Upside Down a.k.a inverted teleskopic berlabel Showa berjenis SFF-BP. Tak lupa juga sistem transmisi yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan sistem kopling yang disebut Assist Slipper Clutch.

SESI TEST RIDE..

First Ride atau impresi berkendara pertama dari All New Honda CBR150R 2021 kali ini MM lakukan di lintasan Safety Riding yang dimiliki oleh MPM Distributor Honda Sedati di Sedati, Sidoarjo. Lintasan didesain sedikit jalur lurus dan lebih banyak jalur berkelok-kelok dan berkarakter parabolik. Sesuai dengan karakter si All New Honda CBR150R 2021 ini yang memang ditekankan pada peningkatan kemampuan handling klaimnya. Benarkah demikian ?

HANDLING & SUSPENSI UPSIDE DOWN

Mendapatkan kesempatan terkhir membuat MM tak mendapatkan banyak waktu. Hanya dua kali putaran saja. Karakter lintasan safety riding ini didesain dengan porsi tikungan yang sedikit lebih banyak ketimbang lintasan lurusnya. Lintasan lurus itu sendiri pun tak terlalu panjang. Tapi sudah cukup untuk mengenal karakter motor sport fairing 150cc terbaru Honda ini.

Beberapa kali MM sudah pernah mencoba CBR150R generasi 2020 lalu. Dimana suspensi depannya masih mengusung model teleskopik ‘biasa’. Maka dengan hadirnya suspensi depan Upside Down (inverted teleskopic) ini, kemampuan pengendaliannya memang cukup signifikan peningkatannya. GOOD JOB buat Honda.

Untuk melibas tikungan ke kanan dan tikungan ke kiri bergantian, yang MM rasakan adalah All New Honda CBR150R 2021 ini mudah untuk dijinakkan karena kehadiran suspensi baru dengan bottom shock berwarna emas ini.

Banyak yang mengatakan Suspensi Upside Down (USD) CBR150R 2021 ini sama persis dengan suspensi Upside Down milik CBR250RR. Namun dari pengamatan MM, sepertinya tidak. Dalam arti lain, serupa tapi tak sama. Besarnya bottom shock berkelir emas dan inner tube (tabung pipa dalam) berukuran 37 mm memang sama dengan CBR250RR.

Namun label USD Showa yang dimiliki All New CBR150R ini bertuliskan Showa SFF-BP, sedangkan milik CBR250RR hanya bertuliskan Showa saja. Tentunya ini kode, dimana memang sistem mekanis suspensi depan dari kedua produk memang memiliki perbedaan.

Beberapa informasi yang MM dapatkan malah mengindikasikan spesifikasi Suspensi USD milik All New CBR150R 2021 ini persis sama dengan milik ZX-25R yang juga berlabel SFF-BP. Mungkinkah ini kesengajaan Honda ? pastinya persis samanya Suspensi USD All New CBR150R ini dengan ZX-25R tentu akan memberikan nilai lebih dan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya nanti.

Kembali pada bahasan first ride kali ini. Memang benar adanya bahwa impresi dari Upside Down All New CBR150R 2021 ini berbeda dengan CBR250RR.

Pertama kali MM menyalakan motor dan mulai mencoba impresi pertama berkendaranya. Dengan postur tinggi badan 171 cm, ergonominya membuat MM tetap nyaman. Jok nya cukup lebar, membuat pantat dapat disangga dengan sempurna oleh penampang busa jok. Jangkauan lengan ke setang clip-on tersebut tetap user friendly layaknya model CBR150R sebelumnya. Begitu juga dengan sudut menekuk lutut. Impresi ergonomi ini tak memiliki perbedaan berarti dengan model sebelumnya. Namun yang membedakan adalah feel nya. Naik All New CBR150R 2021 ini berkesan gambot bak naik motor sport big bike.

Memulai jalan, melibas lintasan lurus sekitar 100 meter, kemudian dilanjutkan dengan lintasan berbelok-belok mengikuti arahan cone yang berdiri dan ditidurkan diatas aspal tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan lintasan yang mengikuti marka yang sudah ada.

Tak bisa dipungkiri hadirnya suspensi USD pada All New CBR150R K45R ini memang membuat handlingnya lebih nurut alias mudah dikendalikan. Meskipun cukup nurut saat banting kemudi kekiri atau kekanan dan sangat mencolok peningkatannya dibandingkan model sebelumnya tapi MM merasakan suspensi USD ini agak stif ketimbang USD milik CBR250RR yang empuk itu. Namun hal tersebut bisa dimaklumi karena perbedaan beban yang ditanggung antara kedua produk berbeda kubikasi ini.

ASSIST & SLIPPER CLUTCH

Putaran pertama MM gunakan sebagai pengenalan lintasan. Nah putaran kedua saat bertemu trek lurus maka MM mencoba lebih agresif. Transmisi MM paksa untuk berakselerasi lebih cepat dan melakukan deselerasi mendadak.

Kehadiran Assist Clutch ini memang efektif membuat tangan kiri lebih mudah menekan tuas kopling. Saat menekan tuas kopling rasanya memang lebih ringan ketimbang tanpa fitur tersebut. Kondisi ini cukup efektif saat harus digunakan berlama-lama dalam memainkan tuas kopling.

Sedangkan Slipper Clutch nya sendiri membantu efek deselerasi kecepatan atau down shift yang biasanya membuat dampak engine brake yang keras dan bisa membahayakan. Saat coba MM melakukan down-shift (pindah gigi) secara mendadak/cepat dari transmisi gigi 3 menuju ke gigi 1, maka  efek engine brake nya tak begitu keras sehingga motor masih dalam batas aman untuk dikendalikan. Dalam kondisi deselerasi cepat tersebut, MM tak mendapati gejala mengunci pada roda karena efek engine brake. Perpindahan turun gigi tersebut berlangsung lembut. Benar-benar berbeda dibandingkan dengan tanpa menggunakan fitur Assist Slipper Clutch ini.

PERFORMA

MM tak bisa bicara banyak terkait dengan sektor teknis mesin yang berkaitan dengan performa motor. Dikarenakan secara spesifikasi tak berbeda dengan model sebelumnya. Power maksimum juga masih 17,1 PS dan torsinya 14,4 Nm tak berubah sedikit pun maka MM rasa secara performa sama saja dengan generasi sebelumnya.

Spesifikasi mesin masih sama mengusung kapasitas 149,16cc, DOHC, 4 klep, radiator. Juga spesifikasi teknis terkait diameter dan langkah. Berikut juga sistem injeksinya. Semua sama alias tak ada yang berubah dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Honda berdalih dengan performa power 17,1 PS dan torsi 14,4 Nm itu sudah cukup untuk kebutuhan harian berkendara saat ini. Padahal bisa saja spesifikasi mesin yang sudah ada, dimaksimalkan performanya. Namun memang akan menambah biaya produksi yang tentu akan berdampak pada harganya.

Dari informasi yang MM dapatkan, Honda hanya memberikan perubahan pada kontruksi gas buang alias knalpot. Desain barunya itu menjadikan output suara lebih ngebas. Dari yang penulis amati, terdapat perubahan pada pipa buang knalpotnya yang kelihatan lebih menonjol keluar dari cover plastiknya dan dimensi nya sedikit lebih besar sehingga menghasilkan suara yang lebih nge-bass.

Sekedar informasi, dari sisi performa All New CBR150R 2021 masih menempati posisi buncit. Yamaha dengan R15 nya masih menjadi yang teratas dalam sisi power puncaknya dengan kapasitas mesin lebih besar meskipun masih dengan mesin SOHC nya. Yang kedua Suzuki, dengan memaksimalkan mesin 150cc DOHC nya, powernya mampu menempel ketat produk Yamaha. Lalu dimana CBR150R ? Yang sedang-sedang saja, menjembatani kelebihan dan kekurangan dari dua kompetitornya tersebut.

FITUR LAMA GAYA BARU

Fitur-fitur yang sepenuhnya baru sudah MM sebutkan diatas. Namun ada beberapa fitur yang sejatinya tak bisa dinilai sepenuhnya baru. Seperti panel digital speedometer. Bentuk dan desainnya sama persis dengan model lama, bahkan tak berbeda dengan model tahun 2016 silam, bedanya untuk versi 2021 ini diberikan sentuhan tampilan warna dengan layar negatif LCD.

Headlamp LED. Bagus menarik tajam dan berkesan intimidatif. Namun bukan barang baru. Coba tengok lebih detail pada desain baru headlamp All New CBR150R 2021 ini maka disitu akan terlihat label RR yang sejatinya memang headlamp milik CBR250RR yang memang berbagi pakai dengan All New CBR150R 2021.

Meskipun demikian merubah dua headlamp terpisah yang sekarang dijadikan satu. Kemudian meringkas keberadaan lampu sein yang kini sudah terintegrasi dengan DRL yang sejatinya milik CBR250RR kemudian digunakan untuk All New CBR150R 2021 penting untuk diapresiasi karena memang menjadikan tampilannya sepenuhnya baru dan berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

Emergency Stop Signal yang merupakan fitur lampu hazzard yang aktif saat melakukan pengereman mendadak selepas kecepatan tinggi juga cukup keren. Namun fitur ini merupakan fitur bawaan CBR150R 2020 yang masih dipertahankan. Meskipun terkesan sepele namun fitur ini cukup keren lho karena juga diaplikasikan pada motor superbike Honda CBR1000RR-R. Namun sayang, Honda tidak memberikan skalar lampu hazzard dimana kompetitor cukup royal dengan menghadirkan fitur yang satu ini.

KESIMPULAN

Secara keseluruhan MM suka dengan model baru All New CBR150R 2021  kali ini. Kesan mogenya dapat. Menjadikan pemilik nya akan memiliki kebanggaan berlebih saat memilikinya.  Kehadiran desain baru, suspensi baru, fitur baru dari assist slipper clutch memang terbukti nyata menyuguhkan handling berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

Tak lupa hadirnya pilihan fitur pengereman ABS menjadikan All New CBR150R 2021 sebagai opsi terlengkap di segmen motor sport fairing 150cc. Meskipun harus diakui dalam urusan performa mesin tak ada sesuatu yang spesial.

So, perubahan yang sudah dilakukan Honda terhadap All New CBR150R 2021 memang sangat layak bila melihat kenaikan harga yang hanya naik 600 ribu rupiah saja dari model yang lama. Sebagai catatan, varian termurah OTR Surabaya diniagakan dengan harga Rp. 36.630.500. Hanya naik 600 ribu dibandingkan varian termurah CBR150R generasi sebelumnya. Begitu juga dengan varian tertinggi sekalipun, juga mengalami kenaikan hanya 600 ribu rupiah saja. (red-MM)

Foto Lain :

Kolom Komentar