Duel Sport Lokal All New CBR 150R vs YZF-R15, Di Lintasan Panjang Tak Berharap Menang Melawan Kontruksi Mesin DOHC

CBR 150R vs R15

Gelontoran motor sport di indonesia semakin membludak seiring dengan peluncuran resmi All New CBR 150R Indonesia. Berlabel lokal, tentu saja All New CBR 150R Indonesia menjadi pesaing terkuat untuk menahan laju penjualan Yamaha YZF-R15 yang juga dijual di indonesia berlabel lokal. Nah, mana nih yang bakal menjadi primadona dikalangan bikers di indonesia?

Melihat pamornya, bahkan sudah bisa dilihat jauh hari sebelum keduanya diperkenalkan. Diawali dengan perseteruan CB150R SF dan NVL, pemilik dari keduanya sering kali fnc temui memodifikasi motornya dengan memasang half fairing. Sejatinya, pemiliki sebenarnya menginginkan sport full fairing, namun terkendala dana dimana saat itu sport 150cc fairing didatangkan CBU maka banderol harga pun melonjak.

cbr150r vs r15

Nah, kini keduanya baik All New CBR 150R maupun YZF-R15 dirakit di indonesia. Banderol harganya pun terbilang lumayan terjangkau untuk masyarakat menengah kebawah. Diatas kertas All New CBR 150R Indonesia cukup memukau secara spesifikasi dapur pacunya. Menggendong mesin 150cc, honda tetap mempertahankan DOHC sebagai poin plus All New CBR 150R Indonesia layaknya produk CBU nya. Sedangkan R15 masih SOHC meskipun secara jumlah klep sama2 menggunakan 4-klep.

Namun, bagaimanapun langkah mesin DOHC begitu dominan diputaran menengah atas sedangkan sebaliknya Yamaha R15 lebih efektif bermain di putaran mesin menengah kebawah. Mengapa demikian? Secara teknis, R15 dengan karakter mesin overstroke efektif untuk bermain akselerasi. Memiliki torsi yang lebih besar, R15 mampu mengail akselerasi lebih cepat dibanding All New CBR 150R.

Sedangkan, All New CBR 150R dengan mesin DOHC berikut juga kompresi lebih tinggi dengan output power yang lebih tinggi pula menjadikan All New CBR 150R cukup dominan saat keduanya dihadapkan pada lintasan panjang 1km lebih. Hal ini dikarenakan, nafas All New CBR 150R pun juga lebih panjang dengan maksimum limiter di 10500 rpm. So, dalam keadaan standar dicoba bagaimanapun jika diadu pada lintasan jalan yang cukup panjang, tetap All New CBR 150R bakal mendominasi didepan. (fnc)

________________

Related Post :

13 Comments

Kolom Komentar