Ducati Akan Gunakan Paket “Mesin Baru” di GP Laguna Seca

Problem ducati yang tak kunjung sembuh, mendapatkan perhatian khusus untuk sesegera mungkin diperbaiki. Kabar baru datang dari markas tim Ducati bahwa Ducati akan memperkenalkan paket mesin baru saat gelaran GP Laguna Seca akhir juli mendatang.

Hal ini tak terlepas dari adanya tawaran perusahaan untuk mengatasi masalah sulitnya menjinakkan ducati, dengan kata lain perusahaan berkeyakinan bahwa masalah yang timbul, berada di jantung mesin.

Jauh sebelumnya, baik Rossi dan Hayden telah merasakan bahwa Ducati tidak mampu memanfaatkan kekuatan mesin 1000cc. Oleh karena itu mereka pun menyarankan bahwa pengurangan daya benar-benar penting fungsinya untuk membuat motor lebih mudah dikendalikan sehingga akan lebih kompetitif.

Kepala Teknis Ducati, Filippo Preziosi mengatakan bahwa agar mendapatkan waktu yang tepat sesuai dengan regulasi motogp tahun ini dimana tim prototype hanya diijinkan menggunakan 6 mesin dalam semusim kompetisi, maka tidak mungkin untuk menggunakan paket mesin anyar tersebut sebelum seri Laguna Seca.

Preziosi menambahkan bahwa paket mesin baru tersebut memilik item yang berbeda, dan diyakini akan lebih baik. Untuk paket mesin sekarang, Ducati memiliki banyak torsi bahkan pada rpm rendah, dan sebenarnya kita tidak membuka throttle body di rpm rendah, karena torsi yang berlebih.

Inilah yang menjadi sasaran perbaikan saat ini, karakter mesin Ducati yang terlalu liar dengan torsi yang sangat berlimpah dibandingkan mesin M1 atau RC213V memang membuat Ducati memiliki tenaga ekstra. Namun, dikarenakan daya dan torsi berlebih itulah yang menjadikan pembalapnya merasa kesulitan untuk mengendarainya. Oleh karena itu, paket mesin baru ini diharapkan dapat mengurangi torsi dan daya di ambang batas standar sehingga dapat meningkatkan kemampuan pembalap mengendalikan motor lebih baik saat berkendara. (fnc)

Kolom Komentar