Cara Tepat Melewati Perlintasan Rel Kereta Api, Hindari Teknik Mengiris !!

Motomaxone.com – Menurut BMKG Malang, musim kemarau akan sambangi kota malang dengan puncak kemaraunya pada Agustus 2020. Namun saat ini, curah hujan masih relatif tinggi di kota malang ini. Itu mengapa penting bagi pengendara motor untuk selalu berhati-hati saat melintasi perlintasan rel kereta api. Mengingat tak sedikit yang terpeleset saat melewati perlintasan kereta tersebut.

Cara Tepat Melewati Perlintasan Rel Kereta Api, Hindari Teknik Mengiris !!

Sebenarnya tak peduli apapun musimnya. Baik kemarau atau hujan, potensi bahaya terpeleset saat melewati perlintasan kereta api itu tetaplah ada. Namun saat musim hujan potensi tersebut lebih besar. Itu mengapa penulis menganggap perlintasan kereta ini merupakan area yang berbahaya bagi pengendara.

Kondisi rel kereta yang menonjol lebih tinggi dari permukaan jalan dan licin karena air hujan bisa menyebabkan kejadian yang tak diinginkan. Oleh karena itu pahami teknik melewatinya. Tak bisa asal melintas saja…

Perlintasan kereta yang sering memakan korban di kota malang adalah perlintasan arjosari tepat dibawah flyover arjosari. Seringnya terjadi kecelakaan tunggal disini dikarenakan pengendara tidak berhati-hati saat melewatinya dalam kondisi jalanan basah.

Selain itu, perlintasan kereta yang miring itu juga menjadi penyebabnya. Banyak pengendara yang kurang paham dalam hal teknik melewati perlintasan kereta api yang miring tersebut. Karena jika melewatinya dengan asal, maka potensi terpeleset dan jatuh pun semakin besar.

Lalu bagaimana caranya ?

Cara Tepat Melewati Perlintasan Rel Kereta Api, Hindari Teknik Mengiris !!

Jangan melewatinya dengan mengikuti jalur rel kereta, karena potensi ban selip akan semakin besar. Lintasi rel kereta api itu dalam bentuk “X”. Pemahaman mudahnya,  dipotong bukan diiris. Kalau diiris (melewati dengan posisi miring juga) maka kemungkinan ban selip cukup besar.

Oleh karena itu posisi motor saat melewati perlintasan rel kereta seperti ini harus memotong. Bukan malah diiris dalam artinya miring hampir sejajar dengan rel keretanya sehingga potensi selip, ban masuk jalur kecil diantara rel dan jalan dapat dihindarkan.

Yang terpenting lagi adalah manajemen emosi saat melewatinya. Sebagaimanapun kondisi untuk terburu-buru, maka lebih bijak kurangi kecepatan saat melewati perlintasan kereta api dalam kondisi hujan. (red)

Foto : Property MPM Honda

One Comment

Kolom Komentar