Honda CBR1000RR-R SP Menangkan Penghargaan Red Dot Desain 2020

Motomaxone.com – Bila tahun lalu Ducati Diavel 1260 memenangi penghargaan bergengsi ini maka tahun ini Honda CBR1000RR-R SP lah yang sukses menangkan penghargaan Red Dot Desain 2020.

Honda CBR1000RR-R SP Menangkan Penghargaan Red Dot Desain 2020

Honda akhirnya menerima penghargaan yang satu ini. Penghargaan khusus untuk kualitas desain tinggi dan kemampuan Honda bekerja dalam menciptakan motor. Honda CBR1000RR-R SP yang telah meraih Red Dot Design Award 2020 ini sontak mendapatkan perhatian banyak pihak.

Penghargaan tersebut akhirnya diserahkan pada tim Honda. Tim dibalik kesuksesan CBR1000RR-R SP Fireblade ini dinilai mengesankan dalam memberikan penyegaran desain baru pada motor superbike yang merupakan pemegang kasta tertinggi produk motor Honda saat ini.

Penulis sendiri begitu ingin tahu bagaimana mungkin Honda bisa menang.

Salah satu faktor yang menjadikan CBR1000RR-R SP menjadi pemenang antara lain adalah inovasi baru dalam hal desain. Tak tanggung-tanggung, sebelum dibuatkan motor ini, Honda sudah melakukan simulasi digital, modelling tanah lempung hingga perancangan sketsa yang ciamik.

Tim R&D Honda menyelesaikan tantangan dengan sangat baik dimana mereka melakukan umpan balik dari sektor olah raga balap bergengsi sehingga menciptakan hasil maksimal dalam pengembangan sesingkat mungkin.

Salah satunya adalah motor ini mengakomodir teknologi aerodinamika yang digunakan oleh RC213V MotoGP. Apa itu ?

Memanfaatkan pengalaman HRC, Pabrikan sayap mengepak ini menghadirkan sayap aerodinamis  yang diikuti dengan desain fairing yang menawan. Termasuk dipilihnya warna HRC khas kombinasi merah-biru dan putih sebagai warna tipe tertinggi berlabel SP.

Desain fairing yang sporty berikut winglet aerodinamis menjadikan motor ini menawarkan sesuatu yang tak biasa. Yaitu efek downforce yang meningkatkan kestabilan saat berkendara  dalam kecepatan tinggi.

Hingga akhirnya CBR1000RR-R SP resmi menyabet gelar penghargaan Red Dot Desain 2020 ini. Dalam filosofinya, Honda CBR1000RR-R SP ini dirancang dengan teliti memadukan Kecepatan, Kinerja dan efisiensi aerodinamis.

Tapi, ajang penghargaan tertinggi yaitu Red dot desain Best of the best tidak dimenangi motor ini melainkan oleh produk Honda yang lain yaitu mobil berbasis tenaga listrik. Honda –e juga mendapatkan penghargaan sebagai smart product.

Red Dot Award ini sendiri didirikan tahun 1955. Sejak saat itu ajang penghargaan ini menjadi salah satu penghargaan yang dihormati diseluruh dunia. 47 kategori produk industri yang dinilai berdasarkan 9 kreteria diantaranya inovasi, fungsionalitas, daya tahan dan ergonomi. Ajang ini sendiri memberikan tiga penghargaan yaitu Red Dot: Best of the Best”, “Red Dot” dan “Honorable Mention”. “Red Dot: Best of the Best” sendiri merupakan penghargaan paling bergengsi di antara yang lainnya.

Kolom Komentar