Cara Mengatasi Jupiter MX Susah Pindah Gigi

Pernahkah bro/sis semua yang memiliki motor berkopling manual mengalami masalah yaitu sulitnya saat memindahkan gigi? Tak hanya terpaku pada motor sport seperti vixion, megapro atau yang lain. Namun Jupiter MX juga salah satu motor underbone yang mengaplikasikan kopling manual.

Nah, beberapa saat yang lalu si BlueMX menunjukkan gejala yang sama seperti yang saya kemukakan diatas. Susah saat pindah gigi, awalnya saya lebih mengira dikarenakan kampas kopling yang sudah mulai aus. Namun, kebetulan membaca salah satu diartikel otomotifnet yang juga membahas hal yang serupa namun motor yang digunakan adalah yamaha vixion.

So, saya pun tak terburu mengganti kampas kopling. Menurut penuturannnya, gejala susah pindah gigi tersebut dikarenakan akibat panas berlebih yang  ditimbulkan pada kampas kopling sehingga karakter kampas kopling tersebut jadi mengembang dan lebih tebal dari ukuran standarnya.

Karena perubahan fisik kampas koling itulah membuat kopling menjadi tidak leluasa membuka ketika tuas kopling ditarik. Logikanya, saat tuas kopling ditarik maka kopling pun terbuka dan bisa menggerakkan gigi. Nah saat kampas kopling tersebut mengembang, seperti ada yang menghambat tarikan tuas kopling tersebut sehingga perpindahan gigi terasa sulit.

Selanjutnya, untuk mengatasi masalah yang satu ini ternyata cukup dilakukan pengaturan ulang pada kopling dengan cara digeser. Bisa melalui setting kopling bagian atas (handle kopling)atau dibagian bawah.

Untuk settingan bagian atas, cukup mundurin jarak main tuas, dengan memutar penguncinya sampai jarak main handel maksimal. Karena jarak main hendel yang terlalu banyak jadi salah satu faktor penyebab.  Mundurin secukupnya, lalu kencangkan kembali kuncinya sehingga tidak mudah bergeser.

Untuk settingan ujung bawah yaitu melalui ujung bawah kabel kopling. Cara melonggarkan perlu menggunakan kunci 12. Lalu putar penguncinya pakai kunci 12. Renggangkan setelan tuas koplingnya. Coba dulu tarik-tarik tuas kopling. Bila terasa sudah pas, kencangkan kembali penguncinya.

Cukup kedua cara tersebut diatas dipraktekkan terlebih dahulu, nah bila masalah tetap timbul barulah kampas kopling sesegera mungkin dicek dan bila sudah mengalami keausan sesegera mungkin diganti. Semoga Berguna. (fnc)

7 Comments

Kolom Komentar