Bajaj Pulsar 200NS, All About The Next Generation

Peluncuran New Bajaj Pulsar 2012 atau lebih dikenal sebagai Bajaj Pulsar 200NS (Naked Sport) akhirnya selesai juga. Keberanian si india berubah total desainnya sehingga berbeda dengan pakem lama pulsar memang patut diberikan apresiasi yang lebih.

Namun pastinya bagi semua orang, tak hanya menginginkan mengetahui peluncuran produknya saja. Melainkan bakal menerka-nerka apa sih yang bakal direncanakan pulsar kedepannya nanti?, begitulah kira-kira. Menurut Press Release Bajaj Auto, Pulsar tak hanya berhenti sampai disini melainkan akan berencana mengembangkan teknologi dan pemasaran lebih dari sudah ada.

Saat konsumen memandang, suatu produk memang harus jelas dalam pikiran. Penarikan merk harus kuat sehingga saat sekali melihat, dapat mengidentifikasi dengan mudah. Begitulah yang diinginkan BAI akan produk barunya ini. Seolah mencoba merevisi produk lamanya yang terkesan kurang jelas karakternya, seperti Pulsar 220, Nggak sport full fairing Nggak naked bike.

Berikut adalah Press Release bersama Salah satu petinggi BAI tentang Pulsar 200NS dan Strategi Pulsar kedepan :

Dapatkah kita melihat teknologi Triple Spark diturunkan ke sepeda motor yang lebih kecil seperti Temukan?

Untuk sekarang, teknologi ini hanya akan tetap oleh Pulsar baru. Seiring waktu bakal ada sesuatu yang lebih mewah untuk Pulsar, teknologi tiga percikan api (triple spark) mungkin akan digunakan pada produk lain varian pulsar.

Akankah Pulsar yang sudah ada, dihapus dari peredaran?

BAI berpendapat bahwa tidak ada yang akan dihapus. Lebih lanjut menjelaskan keputusan untuk phase out produk, menurut dia, terletak ditangan konsumen bukan dengan produsen. Dia lebih suka membiarkan pasar memutuskan kapan tiba waktunya Pulsar tua untuk dihapus. Untuk saat ini, lineup saat Pulsar akan tetap menjualnya di samping mesin baru.
Ini mengindikasikan, tak ada kesenjangan antara pulsar lama dan baru bro. So, untuk pemilik pulsar lama tak merasa dikecewakan. Tapi pastinya, melihat New Bajaj Pulsar 200NS yang memiliki desain begitu futuristic sedikit banyak pemilik pulsar lama malah berkeinginan tukar tambah mungkin đŸ˜€

Seberapa baik Efisiensi Bahan Bakar?

Tidak ada yang telah diberikan. Perusahaan mengklaim 58km/liter, ketika sepeda motor itu ditunggangi dengan kecepatan sekitar 50kph. Ini mengindikasikan bahwa tak ada yang istimewa dan diunggulkan dalam hal efisiensi bahan bakar pada produk terbaru Bajaj Pulsar 200NS, mengingat masih mengaplikasikan sistem karburator.

Berapa besar kapasitas produksi untuk Pulsar baru?

Bajaj Auto mengklaim mampu memproduksi sebanyak 100.000 Pulsar 200NS + KTM 200 Dukes (gabungan) per bulan. Produksi yang fleksibel dan memungkinkan peningkatan produksi dengan cepat bila permintaan pasar meningkat.

Dimana Bajaj ingin memposisikan Pulsar baru?

Bajaj Auto Limited berpikir bahwa Bajaj Pulsar 200NS merupakan pesaing yang layak produk unggulan seperti CBR250R dan bahkan KTM Duke 200. Bajaj lebih memfokuskan bagaimana memberikan teknologi sama atau bahkan lebih baik pada harga yang lebih terjangkau. Itulah alasan mengapa Pulsar akan dibanderol tak lebih mahal dari kebanyakan produk baru seperti CBR250R dan Ninja 250 sehingga bertujuan untuk membuatnya lebih mudah diakses.

Apakah Pulsar 200NS Pulsar diekspor?

Perusahaan mengantisipasi kesibukan pabrik atas meningkatnya permintaan domestik untuk motor ini selama setidaknya 6-12 bulan setelah peluncuran. Dan kemudian keputusan untuk mengekspor akan diambil setelah lewat masa sibuk tersebut.
Yang perlu ditekankan disini adalah rencana untuk mengekspornya langsung dari india. Namun mengingat keseriusan Bajaj Auto dalam market Indonesia tak menutup kemungkinan Indonesia  bakal lebih cepat mencicipi produk baru Pulsar 200NS ini setelah negeri asalnya tersebut.

Apakah ada lebih banyak produk Bajaj?

Pulsar telah diluncurkan untuk kuartal saat ini. Lebih banyak produk akan disiapkan untuk pengenalan akhir tahun. Tersirat, Bajaj auto tak puas hanya dengan peluncuran produk baru pertamanya ini melainkan bakal ada produk baru lainnya yang akan menyusul.

Apakah 200NS Pulsar berbagi komponen dengan KTM Duke 200?

Petinggi Bajaj mengatakan TIDAK. Bahkan jika hal itu terjadi, dia tidak ingin berbagi rincian. Seperti Pulsar dan KTM 200 adalah dua produk yang berbeda oleh dua merek yang berbeda dengan identitas mereka sendiri yang berbeda. Namun beberapa sinergi antara dua merek tersebut.

Pertama, KTM tidak berbagi pengetahuan tentang sepeda motor dan perangkat lunak yang digunakan dengan Bajaj.Kedua, manfaat KTM dari skala ekonomi Bajaj Auto. Internal BAI menegaskan bahwa komponen dalam dua mesin yang mirip berbagi tidak harus sama seperti mereka berbagi fasilitas manufaktur dan biaya overhead.

Disini Bajaj menggunakan strategi Kawasaki dalam pemasaran produknya. Bajaj auto tak ingin terlalu banyak promosi untuk produk yang dijualnya melainkan yang terpenting motor tersebut eksis dijalanan. Dengan dilihat jutaan orang dijalanan maka konsumen pun akan berbicara dengan sendirinya bagaimana produk Bajaj Auto yang sebenarnya. Tersirat pesan moral dari apa yang dimaksudkan Bajaj Auto, percuma saja eksis dalam segi promosi namun saat konsumen menginginkannya ternyata INDEN dalam jangka waktu yang lama sehingga mengecewakan calon konsumen tersebut.
Apakah rencana Bajaj Pulsar untuk ekspor ke pasar maju seperti Eropa dan Amerika?

Disela diskusi perusahaan Bajaj dengan KTM menunjukkan bahwa sepeda motor seperti Pulsar 200ns akan berlaku di setiap pasar. Idem dengan Kawasaki. Perusahaan percaya bahwa itu tidak memiliki sepeda motor terbaik di segmennya. Namun perusahaan masih memiliki kans yang sangat kecil di pasar tersebut.

Saat produk New Bajaj Pulsar 200NS ini menginjakkan tanah air Indonesia ini, tak menutup kemungkinan bakal menjadikan pukulan berat bagi ATPM lain di Indonesia. Dengan teknologi sama bahkan lebih baik, fitur lengkap dan harga yang stabil (dalam artian BAI tak latah menaikkan harga jual karena diyakini produknya bakal laku keras) maka mana yang patut dipilih? Monggo masbro sendiri yang berhak menjawabnya. (fnc)

Sumber : motoroid

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...