Analisa Ringan Rilis Resmi Honda Beat Street… Mau Dibawa Kemana Arah Pasarnya ??

new-beat-street-ahm-honda

Pembaca sekalian, siang hari ini tadi bocor alus produk baru honda di segmen matic low-end akhirnya terealisasi. Honda Beat Street resmi diluncurkan hari ini waktu setempat. Dari pantauan admin dengan gaya kalem dari peluncurannya, Honda tersirat hanya meyisipkan produk ini untuk menambah varian produk.

Tak banyak yang berbeda antara All New Beat 2016 dan Beat Street kali ini. Yang terlihat mencolok hanyalah terlihat dari setang terbuka mirip dengan X-Ride dan Aerox 125 milik yamaha. Apakah honda akan semudah itu mengakui bahwa ide mereka meniru yamaha ? IMPOSSIBLE.

Dari analisa ringan admin, salah satu yang menjadi dasar gaya Beat Street kali ini lebih mengarah pada konsep street bike seperti yang dimiliki oleh Honda PCX 150 yang juga memiliki model setang terbuka.

Posisi produk nya sendiri tentu bukan untuk saling adu market share dengan Beat Sporty dan Beat POP melainkan untuk menambah varian Beat series yang sudah ada sekarang ini. So mengapa harus bermain di level matic low-end ??

setang-pcx-series

Disini admin melihatnya sebagai diferensiasi produk yang dimiliki oleh honda sendiri namun berkaca pada kesuksesan yamaha. Tidak ada produk honda di jajaran segmen matic yang menggunakan setang terbuka, kalaupun ada itupun dimiliki oleh Honda PCX yang berada di segmen matic premium.

xride-aerox
X Ride – Aerox

Disisi lain, X-Ride yang sebelumnya hanya sebagai produk spekulasi lha kok malah diminati seiring lesunya penjualan matic yamaha. Jangan meremehkan potensi X-Ride broh, seperti di malang saja harga X-Ride tipe termurah bisa dibilang lebih mahal ketimbang Mio M3. Sedangkan tipe tertinggi X-Ride harganya 11-12 dibandingkan dengan SoulGT125 LED. Dengan kondisi seperti ini masih laris broh…

Pasar inilah yang disinyalir dibidik oleh Honda Beat Street yang mengusung model setang terbuka tanpa body yang kali ini lebih membidik pada konsumen matic low-end. Nah cocok klop kan, namun tentu saja posisi harga menjadi faktor utama penentuan konsumen memilih produk. Dari banderol harga, AHM memberikan harga untuk Beat Street di kisaran 15,4 juta rupiah. (red)

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan