PROMO

Menilik Sistem Airbag Honda Goldwing, Airbag Pertama di Sepeda Motor

Motomaxone.com – Honda Goldwing. Mendengar namanya sudah terbayang kesan kemewahan yang terbalut pada sebuah paket unit sepeda motor. Saking mewahnya motor dengan cc besar besutan produsen raksasa sepeda motor ini, Honda telah memasang sebuah sistem AIRBAG. Sistem keamanan yang familiar kita jumpai pada kendaraan roda empat alias mobil.

Bukan sesuatu yang baru memang. Honda Goldwing produksi tahun 2006 bahkan sudah dibekali sistem Airbag ini hingga akhirnya disematkanlah label World first motorcycle airbag, sepeda motor dengan sistem airbag pertama di dunia.

Pada sistem kerjanya, Airbag pada motor besar Honda ini bertujuan untuk melemahkan momentum saat terjadi tumbukan/tabrakan dengan hadirnya sebuah bantalan, dimana sering terjadi pengendara motor akan terlempar kearah depan motor.

Pada kondisi normal dalam sebuah kecelakaan sepeda motor. Seringkali korban kecelakaan akibat insiden tabrakan dari depan membuat pengendara motor terlempar kearah depan. Hal ini menyebabkan terjadinya benturan hebat dengan benda-benda didepan sepeda motor tersebut seperti mobil, pengendara motor lain ataupun permukaan jalan yang bervariasi kontur nya.

Uniknya, hingga saat ini Honda Goldwing masih menjadi motor satu-satunya yang sudah mengimplementasikan sistem Airbag tersebut. Meski Honda juga sejatinya sudah berencana mengembangkannya untuk jenis motor Honda lainnya, namun karena keterbatasan ruang yang berkaitan dengan desain maka Goldwing lah yang sampai saat ini bisa mengimplementasikannya.

Honda cukup intens dalam melakukan pengembangan sistem Airbag ini. Tepatnya pada 2005 silam, sistem Airbag sepeda motor telah mereka selesaikan. Yang kemudian diterapkan pada Honda Goldwing setahun kemudian.

Para insinyur Honda di Tokyo mengatakan bahwa tumbukan/tabrakan frontal yang mampu ditoleransi adalah yang berada di sudut lurus atau bagian depan dengan batasan kecepatan sepeda motor 31 mph atau setara 49 kph.

Kecelakaan fatal pada pengendara motor sering kali terjadi kala pengendara motor itu terlempar kedepan dan menghantam obyek benda. Hal inilah yang menjadi fokus pengembangan sistem Airbag Honda dimana sistem keamanan ini diklaim mampu melindungi dengan baik bagian dada dan perut pengendara.

Sebagai simulasi, saat bertumbukan dengan mobil.. sistem airbag yang berbentuk kantong udara ini akan terlebih dahulu menahan pengendara. Proses ini memungkinkan untuk mencegah pengendara terpental dan terhempas dari motor sehingga secara tidak langsung juga dapat menghindari tabrakan langsung dengan obyek didepannya.

Sistem Airbag Honda Goldwing ini terus dikembangkan oleh pihak Honda. Perbaikan sistem terus dilakukan untuk menguji keakuratan saat terjadi tabrakan dengan sistem komputasi. Pengembangan bentuk, posisi hingga titik jangkar Airbag juga terus ditingkatkan.

Mekanisme..

Mekanisme dari Airbag Goldwing ini sejatinya memiliki 5 komponen dasar yang terlibat. Kelima komponen itu diantaranya modul kantong udara, sensor percepatan yang mendeteksi benturan, inflator yang merupakan mekanisme pelepasan gas dan ECU yang bertugas melakukan perhitungan secara sistematis untuk menentukan kapan tabrakan terjadi.

Pada versi terbaru dari sistem Airbag ini, Honda telah berhasil mengumpulkan berbagai data terkait perilaku pengendara selama tabrakan dari sisi bagian depan. Untuk membaca potensi kecelakaan, Goldwing telah dibekali banyak sekali sensor kecelakaan. Mulai dari garpu depan, modul airbag, bagian depan pengendara dan ECU Airbag yang berada di sebelah kanan modul.

Cara Kerja..

Cara kerja dari Sistem Airbag Honda Goldwing ini sangat berkaitan erat dengan kinerja banyak sensor yang terpasang pada motor ini.

Pertama-tama, sensor tumbukan akan mendeteksi perubahan akselerasi yang disebabkan oleh benturan yang terjadi pada bagian depan. Akibat kejadian ini, ECU Airbag bakal melakukan analisis atas sinyal yang dikirimkan oleh sensor tabrakan untuk memutuskan airbag mengembang atau sebaliknya. Jika hasilnya positif maka hanya butuh waktu 0,015 detik untuk mengaktifkan Airbag tersebut.

Airbag yang sudah mengembang kemudian bertugas menyerap energi kinetik dari pengendara yang terlempar kedepan. Airbag bakal terus menyerap energi kinteksi pengendara dan membiarkan gas keluar melalui ventilasi deflasi yang terletak didua sisi Airbag. Berbeda dengan mobil yang memiliki penyangga pengemudi dengan bentuk jok, maka pada Honda Glodwing.. dikarenakan tidak memiliki sistem penyangga dibelakang maka cara mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan tali pengikat yang menambatkan airbag ke rangka motor.

So bukan berarti setiap ada tabrakan didepan, Airbag akan mengembang. Sistem Airbag Honda Goldwing ini akan diaktifkan saat merasakan benturan parah dibagian depan sesuai dengan nilai yang telah ditetapkan. Sedangkan untuk tabrakan dibagian samping, belakang atau terjatuh maka sistem Airbag tidak mengakomodir hal tersebut.

Oleh karena itu, dikarenakan Sistem Airbag ini masih terus dalam pengembangan maka alangkah baik nya pengendara tetap membekali dirinya dengan ketrampilan berkendara yang baik bahkan perlu terus meningkatkan skill berkendaranya. Tak lupa perilaku defensive riding juga diperlukan untuk menghindarkan pengendara dari kecelakaan. (red)

Kolom Komentar