promo

Kualifikasi CEV Moto3 Seri 5 GP Aragon, Mario SA Tempati Posisi 11

Motomaxone.com – Sirkuit Aragon pada hari ini (24/7) bercuaca panas dengan kombinasi angin yang cukup kencang. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat pembalap muda binaan astra honda yaitu Mario Suryo Aji untuk berjuang mendapatkan hasil terbaik.

Seri CEV Aragon ini merupakan putaran ke-5 FIM Moto3 Junior World Championship yang digelar akhir pekan ini. Sempat kesulitan dengan settingnya motor yang dianggapnya lambat, pembalap muda Astra Honda Racing Team berhasil mengatasi kesulitannya dengan hasil sesi kualifikasi yang cukup memuaskan di posisi 11.

Torehan waktu Mario SA di posisi 11 ini terpaut waktu 1,095 detik dari pembalap Estrella Galicia yang mencatatkan waktu tercepat 1,57.863. Hasil ini merupakan hasil kombinasi dari kualifikasi 1 (P20) dan kualifikasi 2 (P6).

Selama kualifikasi berlangsung, pembalap asal Magetan Jawa Timur ini mencoba untuk terus memperbaiki performanya. Mario SA tercatat sebagai 10 pembalap yang mampu mempertajam catatan waktu dari sesi sebelumnya.

“Pada sesi kualifikasi pertama, saya tidak menemukan referensi yang baik untuk diikuti dan saya bertemu banyak pebalap yang lambat di trek, jadi saya tidak bisa mendapatkan waktu putaran yang bagus. Namun, pada sesi kedua, dalam kondisi yang lebih sulit karena lebih panas dan berangin, saya mampu mencatat kemajuan. Saya naik dari posisi tercepat ke-20 menjadi ke-6, dan itu positif. Motor sudah siap untuk balapan dan saya pun semakin percaya diri. Tentu saja, saya berharap bisa mendapatkan hasil yang lebih baik daripada beberapa balapan terakhir. Saya ingin menyelesaikan balapan hingga akhir dan bersaing untuk meraih podium.”

Meskipun memiliki GAP yang cukup jauh (P11) yaitu 1,095 detik, namun Mario SA diprediksi akan mampu kompetitif mempertahankan bahkan memperbaiki posisinya tersebut. Hal ini tak lain karena semangatnya yang membawa nama Indonesia pada kompetisi balap kali ini.

Sirkuit Aragon sendiri merupakan salah satu sirkuit yang berada di negeri matador spanyol. Memiliki panjang lintasan 5,078 KM, sirkuit ini memiliki karakter tikungan kekanan yang lebih sering yaitu sebanyak 10 tikungan kekanan dan 7 tikungan kekiri dengan lebar lintasan 15 meter.

Karakter sirkuit ini cukup menjadi favorit bagi para tim yang memiliki mesin motor kencang. Panjang lintasan straigh (lintasan lurus) mencapai panjang 968 meter. Cukup favorit bagi tim dengan motor kencang menjauh atau memperlebar GAP dengan rival-rivalnya. (red)

Kolom Komentar