yamaha

7 Hal Penting Diperhatikan Pemilik Motor Sport Fairing, Biar Awet !!

yamaha

Motomaxone.com – Segmentasi pasar motor sport saat ini memang lagi seret-seretnya. Meskipun terbatas tetap saja segmen motor sport ini memiliki penggemarnya sendiri. Baik itu motor sport fairing maupun motor sport bertipe naked bike.

Punya motor jenis sport tentunya membutuhkan perawatan berkala, sama halnya memiliki motor matic. Namun yang penting disadari adalah motor jenis sport ini membutuhkan perawatan ekstra, salah satu nya adalah tentang kebersihan motor itu sendiri.

Sport fairing. Motor sport yang identik memiliki penampilan tertutup karena diselimuti cover fairing ini, penting untuk diperhatikan beberapa hal supaya kondisinya senantiasa prima, tetap terjaga dengan baik.

Seperti cover fairing misalnya. Salah satu fungsinya adalah berkaitan dengan aerodinamika motor untuk memaksimalkan pendinginan pada bagian mesin yang biasanya memiliki panas berlebih. Juga untuk stabilitas motor di kecepatan tinggi. Cover fairing selain fungsi teknisnya, juga memiliki fungsi lain tak kalah penting.

Apa itu ? meningkatkan penampilan motor. Lebih terlihat bersih dan tentunya gagah dengan tampilannya yang sporty.

Beberapa hal yang penting dilakukan perawatan untuk jenis motor sport fairing diantaranya,

> Rutin Panaskan Motor

Bukan dijemur dibawah terik matahari. Tapi rutin untuk memanaskan mesin motor setiap hari. Tak bisa setiap hari maka, dua hari sekali, tak bisa juga maka tiga hari sekali. Memanaskan motor sport cukup 5 menit saja.

Tujuannya untuk membuat oli tersirkulasi keseluruh bagian part didalam mesin. Selain itu untuk fungsi charging pada bagian Accu motor. Untuk menghindari aki soak. Apalagi motor sport fairing tidak dibekali dengan kick starter sehingga perawatan agar ACCU tetap bekerja optimal menjadi sangat penting sekali.

> Cek Air Radiator

Coba cek secara rutin cairan radiator. Apakah ketinggian air pendingin masih dalam level normal pada tabung reservoir. Bila kurang tambahkan. Cek pula bagian radiator yang terdapat kisi-kisi berbahan aluminium itu, apakah sudah banyak yang penyok ? atau malah terjadi kebocoran.

> Sistem Pengereman

Meskipun tidak perlu sering, namun sesekali anda bisa mengecek level minyak rem pada bagian master rem baik itu rem depan maupun belakang. Berkurangnya level minyak rem biasanya menandakan bahwa kampas rem sudah terkikis atau mengalami keuasan. Bila kotor dibagian kampas rem maka cukup dicuci dengan sabun dan air mengalir.

Namun bila keausan kampas rem sudah cukup tinggi maka alangkah baiknya segera diganti baru untuk faktor keselamatan dan kenyamanan dijalan saat motor digunakan.

> Kopling dan Transmisi

Bagian ini juga menjadi penting untuk senantiasa dicek pada motor sport. Gerak bebas tuas kopling hingga empuk kerasnya tuas saat ditekan. Lakukan penyetelan ulang bila memang diperlukan. Dalam masa tertentu, misalnya setahun sekali, penting untuk mengganti kabel kopling menjadi baru untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Demikian juga transmisinya. Serahkan pada bengkel terpercaya untuk melakukan setel ulang.

> Penggerak Roda

Rantai dan gir. Terlihat part ini cukup tahan lama, namun bila tak dirawat maka durabilitas pemakaiannya menjadi sangat pendek. Lumasi secara rutin bila terlihat kering. Jangan biarkan rantai sampai berkarat atau mata gir menjadi runcing. Bila perlu maka lakukan penggantian segera.

> Cek Ban

Si karet bundar ini memiliki peranan yang krusial untuk kendaraan bermotor. Tak terkecuali motor sport. Selalu cek tekanan ban saat akan digunakan. Kurangnya tekanan ban akan membuat performa motor menjadi tidak maksimal demikian juga kenyamanannya. Kembangan ban juga penting untuk dicek berkala. Bila sudah semakin undul atau tektur ban sudah terlalu keras, maka lakukan penggantian.

> Cek ACCU

Seperti yang penulis singgung diatas. Berhubungan dengan memanaskan mesin motor secara berkala. Akan berdampak pada kesehatan ACCU. Aki atau Accu dalam kondisi prima bila masih normal saat dipakai untuk starter mesin hingga membunyikan klakson. Pastikan tegangan Accu diangka lebih dari 12,4 volt. Bila kurang maka butuh untuk dilakukan setrum aki atau pengisian ulang daya aki. Bila setelah dilakukan setrum aki, tetap cepat habis maka sudah dipastikan Accu membutuhkan penggantian.

Motor sport fairing biasa dimiliki karena berkaitan dengan prestise. Maka kebersihan motor akan menjadi sangat penting dalam hal penampilan motor itu sendiri. Jaga selalu kebersihan fairing dengan terbiasa mencucinya saat motor terlihat kotor, apalagi terkena kotoran tanah.

Bila kotoran tanah penempel, maka semprot dengan air sampai fairing motor bersih dari kotoran tanah. Kemudian gunakan spon/busa dan sabun cair untuk mempersihkan permukaan bodi motor. Untuk bagian roda dan mesin misalnya, gunakan sikat gigi dengan sabun colek untuk untuk membersihkan nodanya. (~FN)

Kolom Komentar