yamaha

Suzuki Satria Lumba EV, Tak Lagi Berisik dan Berasap Ngebul !!

yamaha

Motomaxone.com – Bila mendengar nama motor bernama Satria Lumba tentu semua penggemar otomotif tak menyangsikan performanya diatas aspal. Namun ciri khas motor 2-tak nya akan tetap mengikuti. Berisik juga berasap.

Motor ini cukup menjadi primadona dimasanya pada tahun 2000an. Bermesin 120cc 2-tak dengan tenaga maksimal 13,5 dk @ 8000RPM dan torsi 13,2 Nm di 7000 RPM. Memiliki diameter 54mm dan langkah 49 mm dengan kompresi 7.0 : 1. Motor ini cukup kencang karena didukung sistem pengabut bahan bakar karburator berjenis Mikuni VM 20 SS. Tapi… eksistensinya harus diakhiri Suzuki karena regulasi emisi karbon euro 3.

Tapi Suzuki Satria 120 R atau dikenal denagn nama Satria Lumba yang satu ini tak lagi berisik, karena saluran gas buang alias knalpotnya hilang. Juga tak lagi mengeluarkan emisi khas 2-tak, berasap.

Satria Lumba yang satu ini sempat mejeng di pameran otomotif GIIAS 2022. Bukan di booth Suzuki. Tapi hadir di booth KOSMIK (Komunitas Listrik). Ya, Satria Lumba ini sudah berganti tenaga. Dari tenaga bahan bakar dikonversi menjadi berteknologi listrik.

Satria Lumba EV (Electric Vehicle) merupakan hasil kreasi dari mandhasia garage. Hasil kolaborasi antara EV indonesia dan vietnam, sebut mandhasia garage di akun media sosialnya. Satria lumba listrik ini juga masih menggunakan seperangkat gir dan rantai untuk penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. Namun demikian, tak lagi bergantung pada oli mesin apalagi oli samping.

Sekali pengisian penuh baterai yang tertanam  pada Satria Lumba EV ini mampu menempuh jarak mencapai 80 kilometer. Setelah dikonversi ke tenaga listrik tentu kecepatan puncaknya berbeda dengan mesin 2 tak bawaannya. Dengan tenaga listrik yang diusung, Satria Lumba listrik ini mampu melaju hingga 110 km/jam.

Durasi pengisian baterai sendiri juga cukup singkat. Cukup 3,5 jam saja mulai dari 0 s/d 100 persen pengisian. Untuk mendapatkan tenaga listrik itu, motor listrik ini dibekali dengan dinamo listrik Mid Motor QS 138 V yang memiliki kemampuan daya 3.000 watt dengan spesifikasi baterai menggunakan 72V 24Ah Shine Wave FOC 190A.

Hmm… bagi penggemar motor Satria Lumba namun ogah dengan asap ngebulnya tentu pilihan tenaga listrik ini menjadi sangat menarik. Nggak mahal kok, biaya konversi nya berkisar 20 s/d 40 jutaan.

Setidaknya masih mendapatkan gaya motor legenda Suzuki Satria Lumba meski performanya tak lagi sama, yang utama dan terpenting adalah Satria Lumba yang berisik dan berpolusi emisi itu kini bisa dibuat lebih ramah lingkungan. (~FN)

Kolom Komentar