PROMO

2022 Honda Metropolitan, Skuter Matic Yang Lebih Mungil dari Scoopy… Lubang Bensinnya di Dek Tengah Bawah !!

Motomaxone.com – Sobat biker sekalian, banyak yang mengira Honda Scoopy merupakan motor matic Honda yang paling imut dan lucu. Namun setelah melihat Honda Metropolitan versi tahun 2022 ini, anda bakalan berubah fikiran.

Motor matic ini baru saja diluncurkan sebagai versi terbaru untuk tahun depan ‘2022’. Tampangnya lebih imut dari Scoopy dan pastinya lebih lucu dan unik pula.

Tampangnya mengingatkan kita pada bentuk fisik Vespa. Konsep desainnya mengusung konsep retro modern. Tampilan fisiknya bulat-bulat mirip sekali dengan Honda Scoopy. Headlampnya terpisah, bukan di tameng bodi depan melainkan di depan atas dibagian kemudi, macam Vespa.

Lampu seinnya pun juga berada dibagian setang kemudi, disebelah kanan dan kiri lampu utama. Lagi-lagi saat melihat tampilannya serasa bernostalgia dengan matic legendaris asal negeri Pizza itu. Baik lampu belakang hingga sein masih mengadopsi model bohlam, sedangkan untuk lampu utama mengusung model bohlam halogen.

Mengusung konsep mini scooter matic. Tak hanya fisiknya yang terlihat mungil. Namun ternyata juga dibekali dengan mesin mungil pula.

Honda Metropolitan 2022 ini dibekali dengan kapasitas mesin 49cc, silinder tunggal, 4-tak. Mengusung sistem pengabut injeksi PGM-FI dan sistem pendingin radiator. Akibat kecilnya kapasitas mesin, konsumsi bahan bakarnya pun diklaim sangat irit. Meskipun demikian tak cocok untuk pasar Indonesia, bila masuk kesini perlu upgrade mesin, minimal setara Scoopy.

Sistem peredam kejut depan dan belakang selayaknya standar yang digunakan Scoopy. Namun sistem pengereman depan dan belakang mengandalkan model tromol.Meskipun dimensinya mungil, bagasinya cukup lega, 22 liter luasnya.

Namun yang penulis patut diapresiasi adalah hadirnya konsol box dibagian dek tengah depan atas. Disebelah kanan tanpa penutup, sedangkan disebelah kiri menggunakan penutup macam konsol box nya Scoopy yang dimanfaatkan untuk tempat soket power charger. Selain hal tersebut, bagian lain yang penulis apresiasi adalah luasnya dek tengah untuk pijakan kaki. Disinyalir lebih luas (depan-belakang) dibanding skuter matic yang dimiliki AHM saat ini.

Yang tentu bisa lebih mengakomodir bawaan semacam galon air mineral misalnya.Tak lupa juga reflektor pemantul cahaya dibagian spakbor depan disisi kanan dan kiri, piranti murah yang sangat penting untuk meningkatkan visibilitas motor kita dari pengendara motor atau mobil lain terutama dari bagian samping.

Hal menarik lain adalah lubang pengisian bahan bakar yang terletak dibagian dek bawah. Meski kurang praktis dibandingkan Freego, namun tentunya lebih praktis karena tak perlu repot membuka jok.

Sepasang velg palang (racing) dibalut sepasang ban gambot menjadikan motor matic ini semakin mungil nan lucu. Sayang, motor ini hanya untuk pasar Amerika dengan banderol 2.490 dollar amerika. Kira-kira, bila diproduksi AHM bakal laku nggak ya ? (F4)

Kolom Komentar