2020 Ducati Streetfighter V4 Resmi Diluncurkan, DNA Superbike Versi Jalanan

Motomaxone.com – Pabrikan motor italia ini secara resmi meluncurkan Ducati Streetfighter V4. DNA streetfighter series yang hadir lagi dikancah otomotif dunia. Motor yang ditunggu-tunggu oleh banyak penggemarnya. Khususunya para penggemar motor supernaked. Setelah bertahun-tahun lamanya.

Ducati Streetfighter V4 kembali hadir dengan waktu yang cukup lama. Setelah sempat berakhir di seri 848 dan 1098. Mengusung label ‘V4’ menunjukkan Ducati tak main-main alias cukup serius untuk kembali hadir dipersaingan motor super naked dunia.

Sesuai pula dengan namanya ‘Streetfighter V4’ yang artinya motor ini merupakan versi naked dari Ducati Panigale V4. Produk flagship yang memiliki image kuat sebagai motor balap ber-DNA Superbike.

Ducati Streetfighter V4 mengusung mesin dan teknologi yang revolusiner. Dibekali dengan mesin Desmosedici Stradale V4, 1.103cc V4. Motor supernaked ducati ini memiliki performa terbaik dari motor naked yang pernah dibuat oleh Ducati.

Power maksimumnya mencapai 208 hp (211 PS)@12.500 rpm. Sedangkan Torsi maksimum yang mampu dihasilkan mencapai 123 Nm, lebih besar 30% dibandingkan Streetfighter 1098. Ducati sendiri menyuguhkan opsi menarik dimana jika performanya dianggap masih kurang ‘hebat’ maka Ducati menyediakan knalpot Akrapovic untuk meningkatkan tenaga Ducati Streetfighter V4 menjadi 220 hp.

Lagi-lagi teknologi revolusiner dari dunia balap secara nyata diterapkan oleh Ducati pada produknya kali ini. Ducati membekali Streetfighter V4 dengan fitur Winglet. Fitur baru yang ‘mungkin’ merupakan hal pertama dalam versi Nakedbike. Bukan merupakan hiasan saja tentunya. Ducati menjelaskan bahwa fungsi winglet ini sebagai piranti aerodinamis untuk mengimbangi performa liar dari sang motor. Ducati mengklaim dengan hadirnya winglet disisi body samping dan ujung bodi bagian depan, didepan lampu utama mampu menghasilkan efek downforce (daya tekan) sebesar 28 kg (62 lbs) pada kecepatan 270 km/jam.

 

Seperti produk lain Ducati. Dalam segi fitur senantiasa memberikan hal yang spesial. Ducati Streetfighter V4 mendapatkan fitur yang sama dengan Panigale V4. Seperti traksi kontrol yang terintegrasi IMU, wheelie control, cornering ABS, UP/Down Quickshifter dan Engine braking control.

Jangan tanya harganya. Banderol Ducati Streetfighter V4 mencapai 19.990 euro atau setara dengan 311,9 juta rupiah. Sedangkan Ducati sendiri membuat 2 varian untuk motor ini yaitu Ducati Streetfighter V4 dan Ducati Streetfighter V4S. Harga keduanya pun berbeda. Ducati Streetfighter V4S dibanderol 3.000 euro (46,8 juta rupiah) lebih mahal dibandingkan Ducati Streetfighter V4. Memiliki perbedaan material velg forged aluminium Marchesini dan suspensi Ohlins baik depan maupun belakang. Tentu bukan harga yang murah tapi juga tidak akan terlalu mahal untuk para penghobi motor Ducati.

Hadirnya Ducati Streetfighter V4 begitu melengkapi varian Supernaked yang belakangan hadir. Seperti Kawasaki Z H2 Supercharger yang baru-baru ini juga diperkenalkan di Tokyo Jepang. (red)

GALERI DUCATI STREETFIGHTER V4 :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...