yamaha

Yamaha XMAX 250 Connected 2023, Detail Fitur dan Teknologinya Apa Saja ?

yamaha

Motomaxone.com – Sahabat biker sekalian, semoga senantiasa dalam lindungan Allah ta’ala. Kelas motor sport 250 cc masih cukup ramai persaingannya. Meski demand nya sangat menurun ketimbang 5 tahun lalu misalnya. Salah satu alasannya adalah sebagian berpindah ke motor matic 250 cc.

Yamaha Indonesia cukup lega. Skuter matic 250 cc andalannya sudah mengusung pembaharuan yang cukup berbeda secara siginifikan ketimbang model sebelumnya. Meski sekilas tampak sama, bagi kebanyakan orang saat terlihat di jalan. Kelahiran Yamaha XMAX 250 versi 2.0 ini memang ditunggu karena sudah sangat lama nggak update.

Bicara tentang pembaharuan di tubuh XMAX 250 saat ini, memang tidak hanya tampilan. Tapi ada fitur anyar yang katanya dimaksudkan untuk menunjang kenyamanan. Diantaranya layar TFT (thin film transistor) 2 tingkat. Dashboardnya berpenampilan semakin canggih karena ada fungsi NAVIGASI yang di support aplikasi Garmin Street Cross.

Yamaha XMAX model 2023 ini juga disuntikkan fitur baru lain. Konektivitas gawai. Antara motor dan HP (smartphone) pemilik motor sekarang sudah bisa terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect. Informasi penting motor pun bisa nampak terpantau di layar HP. Membuat pengguna terkesima dengan kecanggihannya yang pasti diawal beli nanti bakal ngutak atik aplikasi Y-Connect tersebut.

Informasi yang ditampilkan ini pun beragam. Selain tampilan map garmin, juga ada informasi kondisi motor, lokasi parkir, konsumsi BBM, waktu penggantian aki dan oli mesin hingga notifikasi panggilan telepon.. pesan dan email, mengatur besar kecilnya output suara smartphone hingga kondisi suhu  dari layar dashboard motor,

Fitur lain bawaan produk model sebelumnya juga masih bertahan. TCS untuk kontrol traksi, Smartkey, rem ABS dual channel depan dan belakang, hazzard, side stand switch (sensor standar samping) hingga power outlet untuk charger HP.

Meski tampak terlihat lebih baru karena sentuhan facelift pada tampilan visualnya, sebenarnya konsep desain XMAX 250 Connected 2023 ini masih sama dengan model sebelumnya. Menurut penulis tampilan baru ini lebih sporty dan nampak lebih agresif. Terutama pada desain headlamp baru yang menyerupai X dengan pemanis lampu DRL (daytime running light).

Sedangkan dibagian stoplamp juga nampak berubah dari model sebelumnya. Siluet desain lampu belakang saat dihidupkan mirip dengan NMAX 155. Berikut juga bagian lampu sein LED, penempatannya sedikit digeser dari bodi samping kini agak keatas.

Seperti halnya R25 saat ini, XMAX 2023 belum mendapatkan update spesifikasi pada dapur pacunya. Masih dengan mesin berkapasitas 249,8 cc, 4 tak, SOHC 4 katup dengan pendingin cairan dan sistem pengabut injeksi BlueCore. Jadi tak perlu kaget dengan output performanya yang nampak tidak berubah. Power 16,8 kW (22,5 HP) di 7000 RPM dan torsi 24,3 Nm di 6500 RPM.

Motor ini memiliki bobot total mencapai 181 kg, tak lepas dari kontribusi berat ban donat 120/70 didepan dan 140/70 di belakang. Kapasitas tangki mencapai 13 liter sedangkan kapasitas bagasi memuat 44,9 liter. Bagian depan dibawah dashboard speedometer juga dibekali dengan kompartemen (sejenis laci tertutup) untuk menyimpan berbagai hal seperti HP saat di isi daya baterainya selama perjalanan, uang koin dan lainnya. Untuk harga bisa dicek disini –> untuk wilayah Jawa Timur hingga NTB. (~fn)

Mini Galeri :

 

Kolom Komentar