Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2024 Punya Warna Baru, Silahkan Cek !

lexilx155

fazzio 2024 neo mint yellow new

Motomaxone.com – Di awal tahun 2024 ini pergerakan pabrikan motor memberikan penyegaran produk motornya cukup masif dilakukan. Salah satunya adalah Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT. YIMM). Disela meluncurkan matic terbarunya LEXi LX 155, YIMM juga menyegarkan tampilan Fazzio Hybrid-Connected 2024 dengan pilihan warna baru.

Warna baru itu ada 2 yang terdapat pada tipe NEO yaitu NEO Mint dan NEO Yellow. Varian warna terbaru Fazzio 125 ini berposisi melengkapi varian warna yang sudah ada terlebih dahulu yaitu Dull Blue, Orange dan Red. Sedangkan untuk tipe LUX masih bertahan dengan varian warna yang sudah ada yaitu White Pearl, Matte Black danPrestige Silver.

Ketiga warna tipe LUX itu menghadiran kesan premium alias mewah. Sedangkan tipe NEO lebih mengesankan model yang trendy sesuai dengan karakter generasi muda masa kini yang suka dengan warna cerah dan ceria.

Tipe NEO

fazzio 2024 neo dull blue red orange

Tipe LUX

fazzio 2024 lux

Spesifikasi :

MESIN
Tipe Mesin : Air cooled 4-stroke, SOHC
Kapasitas Oli Mesin : Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Susunan Silinder : Silinder tunggal
Diameter x Langkah : 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 11,0 : 1
Volume Silinder : 124,86 cc
Daya Maksimum : 6,2 kW / 6.500 rpm
Torsi Maksimum : 10,6 Nm / 4.500 rpm
Sistem Starter : Electric
Sistem Pelumasan : Wet Sump
Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
Tipe Kopling : Dry, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi : V-Belt Automatic
RANGKA
Tipe Rangka : Underbone
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Unit Swing
Ban Depan : 110/70 – 12 47L
Ban Belakang : 110/70 – 12 47L
Rem Depan : Rem Cakram
Rem Belakang : Rem Tromol
DIMENSI
P X L X T : 1820 mm X 685 mm X 1125 mm
Jarak Sumbu Roda : 1280 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 135 mm
Tinggi Tempat Duduk : 750 mm
Berat Isi : 95 kg
Kapasitas Tangki Bensin : 5,1 L
KELISTRIKAN
Sistem Pengapian : TCI
Battery : YTZ6V
Tipe Busi : CR6HSA

Dari spesifikasinya belum nampak adanya perubahan dibandingkan Fazzio keluaran pertama, bisa dimaklumi karena Fazzio Hybrid Connected 2024 termasuk produk skuter matik yang cukup baru, yaitu dirilis secara resmi di awal tahun 2022 lalu.

Mengusung kompresi mesin yang cukup tinggi dikelasnya dipadu dengan tenaga Hybrid, skutik disegmen Classy Yamaha ini medium secara power namun cukup nendang secara torsi dalam berakselerasi. Demikian juga dengan kailan putaran mesin yang cenderung lebih rendah dibandingkan skutik Yamaha lainnya yang tidak menggunakan teknologi Hybrid. Hal ini dapat disimpulkan, Fazzio cukup baik dalam sektor efisiensi bahan bakar karena memiliki kebutuhan RPM yang tak terlalu tinggi untuk mengeksplore power dan torsinya.

Dari catatan penulis, Fazzio menambah jajaran lineup motor matic yang tidak lagi menggunakan kick starter. Hal ini membuat konsumen wajib aware dengan motornya untuk secara rutin memantau tegangan aki pada voltmeter build-in yang sudah disediakan Yamaha pada display panel meternya atau pada aplikasi Y-Connect yang menghubungkan motor dan smartphone pengguna.

Meskipun cukup membuat was-was kemungkinan aki tekor, sistem pada Yamaha Fazzio ternyata cukup keren terkait dengan kelistrikan. Bagaimanakah itu ? Begini.. sebuah sistem bernama SGCU telah diaplikasikan pada Fazzio dimana SGCU ini singkatan dari Starter Generator Control Unit. Sistem pintar yang penulis maksud adalah apabila tegangan aki lemah atau dibawah tegangan normal 12,4 volt pada SGCU tersebut akan perintahkan sistem EPAS (Electric Power Assist) dan SSS (Start & Stop System) untuk mati dalam arti tidak bekerja sejenak sehingga Aki atau Accu akan diisi dayanya terlebih dahulu saat mesin bekerja. Nah, setelah tegangan aki normal maka sistem Hybrid juga SSS nya tersebut akan aktif kembali. (FN)