Yamaha 250cc, Menanti Harapan !!

Semakin tahun, serbuan pasar otomotif roda dunia menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Skutik yang dahulu dipandang sebelah mata, namun sekarang semakin menunjukkan eksistensinya dalam mendominasi penjualan. Pun begitu dengan kelas sport 150cc, bak sebagai kacang goreng alias laris manis. Bagaimana dengan kelas sport 250 …?

Seperti halnya perkembangan sport 150, kelas sport 250 juga menunjukkan hasil yang menjanjikan. Nah, inilah yang dibidik oleh produsen roda 2 saat ini. Kawasaki yang terlebih dahulu berani meluncurkan pasar sport 250 cc dan meraih sukses, akhirnya harus mendapatkan persaingan sengit dikelas ini.

Bagaimana tidak, kesuksesan si Ijo dengan produk ninja 250R nya merupakan angin segar bagi lesunya perkembangan roda dua. Hasilnya apa? ATPM lain beramai-ramai menciptakan produk saingan. Sebut saja Honda CBR 250R yang secara head to head menantang kesuksesan ninja 250. Sekali lagi konsumen yang diuntungkan, banyak konsumen baru kelas 250cc berpindah haluan dengan membeli CBR 250R.

Hal yang menyebabkan migrasinya peminat ninja 250 ke CBR 250 dikarenakan konsumen lebih tertarik dengan barang baru, yang pastinya akan memiliki prestice yang lebih dibandingkan produk lama macam ninja 250 yang minim perubahan semenjak diluncurkan pertama kalinya. Jejak Honda pun bakal diikuti oleh Suzuki indonesia yang kabarnya akan memasukkan Suzuki GW250 nya ke indonesia.

Inilah yang saya maksud, banyak ATPM yang mengikuti jejak ATPM lain karena kesuksesan produk mereka. Apalagi dengan semakin banyaknya pilihan maka konsumen pun akan semakin ter-cluster. Tak bisa dipungkiri, bahwa minat konsumen sebenarnya beragam. Ada yang lebih prefer dengan Suzuki, ada yang percaya dengan Kawasaki pun ada pula yang cinta mati dengan Honda. Hal tersebut lah yang saya maksudkan dengan ter-cluster (terbagi). Saat konsumen tidak memiliki pilihan dalam pasar sport 250, semua cenderung lebih memilih ninja 250 karena ada.

Saat honda menelurkan CBR 250R nya, konsumen pasar sport 250 terpecah. Bagaimana halnya saat Suzuki GW250 datang? Saya yakin perbedaan tipe sport touring non fairing yang disematkan pada produk anyar suzuki ini tak akan menyurutkan minat suzuki lover untuk kembali memakai produk Suzuki.

Bagaimana dengan Yamaha..?? Meskipun terkesan adem ayem menanggapi rencana produksi pasar 250cc nya. Saya yakin saat inipun Yamaha mencermati pasar. Tak menutup kemungkinan, Yamaha pun akan ikut ambil bagian dalam pasar sport 250cc. Saat ini, Yamaha sendiri memiliki produk 250cc dengan kode nama fazer 250. Motor yang satu ini, hampir mirip desain mesinnya dengan Scorpio dan SZ series yang dimiliki Yamaha. Namun apakah Fazer 250 akan dikeluarkan? Tak menutup kemungkinan hal tersebut akan terealisasi. Yang pasti berbicara motor 250cc, setidaknya Yamaha sudah memiliki amunisi untuk menghadapi kompetitornya. (fnc)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...