Valentino Rossi : Menolak Pensiun, Perkuat Petronas Hingga Persiapan Home Race Misano

Motomaxone.com – Berita masa depan Valentino Rossi menjadi yang paling menarik di dunia MotoGP saat ini. Untuk para FBR (fansboy rossi) setidaknya bisa bernafas lega. Rossi tidak jadi pensiun musim depan.

Valentino Rossi : Menolak Pensiun, Perkuat Petronas Hingga Persiapan Home Race Misano

Karir sang bintang MotoGP masa lalu itu terombang-ambing. Seiring kemampuannya yang menurun. Akibat dimakan usia. Sudah mulai kalah bersaing. Utamanya dengan para pembalap-pembalap muda. Sudah mulai kalah nyali, juga kalah nekat untuk ngebut.

Karena sudah tua. Yang mungkin juga mulai ingat mati. Lebih banyak bermain aman, tak terlalu ngotot juga seperti masa mudanya dulu.

Yamaha Monster, timnya saat ini sudah pasti tak memperpanjang kontrak balapnya. Yamaha Factory mulai sadar. Melakukan peremajaan pembalap. Menatap kedepan, melupakan nama besar Valentino Rossi.

Namun Rossi juga tak sepenuhnya meninggalkan Yamaha. Tak juga pensiun tahun depan. Melainkan hanya berganti tim, dengan motor yang sama Yamaha M1.

Kepastiannya sudah mulai Fix. Tahun depan Rossi meyakinkan bahwa Yamaha Petronas SRT akan menjadi tempat berlabuhnya musim depan. Di kompetisi MotoGP 2021. Berita ini tepat mendekati akan diselenggarakannya GP Misano, 13 September 2020 nanti. Yang tak jauh dari rumah Valentino Rossi. Kurang lebih 10 kilometer jaraknya.

Monster Energy Yamaha sendiri sudah pasti mendapatkan pengganti Rossi. Fabio Quartararo. Pembalap jebolan binaan Valentino Rossi sendiri yang sekarang mulai menjadi pembalap besar. Belum sebesar Marc Marquez juga. Rising Star istilah yang penulis pakai untuk Quartararo.

Valentino Rossi : Menolak Pensiun, Perkuat Petronas Hingga Persiapan Home Race Misano

Namun pernyataan resmi berlabuhnya Rossi ke Petronas Yamaha perlu ditunggu sesaat lagi. Sampai GP Misano atau bahkan sesudahnya. Bisa juga setelah musim berakhir. Patut dinantikan oleh para penggemar MotoGP.

Yang menjadi kepastian hanyalah penjelasan Rossi terkait sanggahannya tentang isu pensiunnya. Dirinya sudah cukup dekat dengan penandatanganan kontrak Petronas Yamaha tahun depan. Rossi juga menambahkan kemungkinan kepastian itu akan dilakukan di Barcelona.

GP Misano ibarat sebuah Home Race bagi Valentino Rossi, karena saking dekatnya rumahnya dengan sirkuit Marco Simoncelli ini. GP Misano juga akan menjadi momen spesial balap MotoGP di masa pandemi. Soalnya seri ini adalah seri pertama MotoGP 2020 yang akan dilihat langsung oleh penonton. Meski dibatasi hanya 10 ribu orang dari kapasitasnya sebanyak 30 ribu penonton.

GP Misano juga akan menjadi balapan menarik. Bagi Michelin, pemasok tunggal ban motor peserta MotoGP 2020. Tersedia satu tipe ban tambahan dari Michelin untuk semua peserta. Karena sirkuit Misano memiliki aspal baru. Tipe bannya asimetris hard. Compound ban sebelah kanan dibuat lebih keras karena dominasi tikungan kekanan. Totalnya 10 ke kanan, hanya 6 tikungan yang kekiri. Strategi ban juga akan sangat menentukan untuk melibas 27 lap sirkuit Misano nantinya.

Yang pasti, ketidakhadirkan Rossi di kubu Monster Yamaha tahun depan juga akan menjadi tantangan tersendiri bagi tim utama yamaha tersebut. Pasalnya Rossi bukan hanya memiliki skill pembalap namun juga sebagai developer untuk membantu pengembangan motor bagi timnya. Layaknya Pedrosa yang mampu memberikan input positif untuk pengembangan mesin tim KTM di MotoGP. (red)

Kolom Komentar