TVS Siap Menyambut Euro 3, Injeksi Juga ??

Menyambut standarisasi Euro 3 tentang emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan membuat semua ATPM di indonesia ramai-ramai mempersiapkan diri. Hal tersebut sebagai upaya bagi ATPM itu sendiri untuk memperkenalkan teknologi injeksi lebih dini.

Tak terkecuali TVS Indonesia, melalui pihak internalnya ATPM TVS Indonesia menyatakan siap menyambut Euro 3 yang akan diterapkan pemerintah. Ini sebagai upaya menjadikan udara indonesia lebih bersih dari polusi. Melalui internal TVS, menyebutkan bila memang harus TVS Indonesia akan membekali injeksi pada produknya seperti hal nya TVS di india.

Memang dengan boomingnya aturan menerapkan standar Euro 3 selalu disangkut pautkan dengan sistem bahan bakar injeksi. Karena teknologi inilah yang efektif untuk mengolah bahan bakar menjadi lebih efisien sehingga gas buang pun menjadi lebih ramah lingkungan dibanding sistem bahan bakar konvensional.

Apakah harus se-ekstrem itu?? Untuk produksi motor baru dengan injeksi memang tanpa masalah mengingat itu urusan dari ATPM yang bersangkutan. Namun bagaimana dengan kita semua yang sudah memiliki motor yang sistem pengkabutan bahan bakarnya masih menggunakan karburator. Akankah harus dipaksa mengaplikasikan sistem injeksi juga?

Sebenarnya, inilah yang salah ditangkap oleh hampir banyak pihak. Euro 3 tak hanya melulu berhubungan dengan sistem injeksi, namun intinya bagaimana membuat gas buang kendaraan kita semua menjadi ramah lingkungan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat emisi gas buang menjadi ramah lingkungan. Salah satunya mengaplikasikan katalisator, ini juga bisa berfungsi menekan emisi itu sendiri. Toh, bila pemilik motor injeksi membekali knalpot free flow pada motornya bukankah itu juga membuat emisi gas buang menjadi tak ramah lingkungan juga?….. (fnc)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...