Test Ride Yamaha New Vixion Advance, Akselerasi Lebih Mantab

New Vixion Advance - TES 1

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, untuk memenuhi keinginan pembaca di meja redaksi fncounter.com via official email yang begitu penasaran dengan sensasi New Vixion Advance.. fn pun bekerja sama dengan dealer yamaha area malang dalam rangka membuat pengajuan permintaan untuk unit test ride yang bisa fn gunakan meng-eksplore kemampuan sport 150cc andalan Yamaha Indonesia ini. Nah bagi pembaca setia yang ingin tahu review Yamaha New Vixion Advance berikut ulasannya..

Secara tampilan yang sudah fn ulas sebelumnya, tak ada yang berbeda selain beberapa bagian penting yang memang membutuhkan penyegaran. Salah satunya adalah headlamp, tak seperti NVL yang mana saat kunci kontak headlamp tidak langsung menyala… NVA kembali ke model Vixion lama dimana saat kunci kontak ON headlamp pun ikut menyala seperti khas kelistrikan DC. Saat kunci kontak ON pula… beberapa indikator di dashboard melakukan pengecekan total dengan tampilan lampu yang menyala sekejap… secara tampilan ini sih NVA lebih menarik dari NVL.

New Vixion Advance - TES 2

Warming-up pun dimulai… fn tak langsung betot gas brosis. Namun fn mencoba memainkan gas untuk melakukan pengecekan letak batas rpm mesin bekerja. Hmm… limiter rpm nya bekerja di angka speedo menunjukkan 10.000 rpm… bakal cukup lega meng-eksplore tenaga diputaran atas namun untuk tes kali ini tidak bisa fn lakukan karena diberikan kesempatan melakukan tes jarak pendek saja… so fn manfaatkan dengan baik. Ready to gasssssssss……..

AKSELERASI, Sensasi awal hentakan akselerasi cukup mantab… secara akselerasi lebih nampol sedikit ketimbang NVL apalagi Vixion Old…. tentunya menjadi nilai plus nih. Meskipun tak ‘sangat’ berbeda dengan generasi sebelumnya.. pengendara bisa cukup menikmatinya dalam kondisi jalanan Stop n Go… seperti di area perkotaan. Dari area test ride yang ada… fn hanya bisa mengeksplore gigi 1 dan 2 saja mengingat keterbatasan tempat… penggantian gigi itupun fn lakukan lebih cepat dari seharusnya. Dalam hal ini karakter nafas dari gigi 1 lumayan panjang untuk motor berbasis mesin overstoke.

ERGONOMI, secara posisi ergonomi inilah yang menentukan kenyamanan pengendara. Sudut antara kemudi, tempat duduk dan footstep dari New Vixion Advance berkesan racy seperti generasi sebelumnya. Model tangki yang berbatasan dengan paha pun memberikan kenyamanan lebih baik dengan model yang tak terlalu lebar. Secara kenyamanan sama dengan NVL maupun CB150R…. namun bagi fn lebih nyaman lagi Vixion Old karena desain tangki dibuat lebih ramping. Meskipun demikian secara keseluruhan desain ergonomi New Vixion Advance tak terlalu membungkuk yang mana cukup nyaman mengakomodir perjalanan jarak jauh dan berlama-lama di kemacetan kota.

SUSPENSI, Dibekali dengan suspensi seperti pendahulunya.. New Vixion Advance masih menawarkan sistem suspensi yang nyaman. Suspensi belakang cukup empuk namun tak memiliki rebound berlebih. Ini menjadi keunggulan sistem monocross yang diterapkan pada New Vixion Advance layaknya NVL dan juga Vixion Old. Sedangkan Suspensi depan juga tak berbeda dengan generasi sebelumnya… empuk dan stabil untuk diajak bermanuver meskipun terasa sedikit berat di bagian kemudi.

HANDLING, tak lengkap rasanya di test yang dilakukan kali ini tidak membahas tentang handling motor baru ini. Handling bermanuver di lintasan parabolic memang terasa lebih mantab…. dengan beban berat yang proporsional membuat pengendara yang bermanuver lebih stabil. Namun dari yang fn rasakan, New Vixion Advance tak berbeda dengan NVL secara handling untuk bermanuver jarak pendek… handling New Vixion Advance sama beratnya dengan NVL. Tentunya berbeda dengan CB150R yang memiliki handling yang cukup ringan. Apakah ini berarti vixion series demikian adanya untuk handling? Tidak. Karena handling berat tak fn rasakan pada Vixion Old.

Hal ini mungkin terjadi karena beberapa faktor, Pertama…lintasan yang fn gunakan adalah model paving yang tentunya akan memberikan hambatan lebih besar ketimbang model aspal. Kedua…. ukuran ban yang tentunya lebih besar ketimbang CB150R dan Vixion Old membuat handling kemudi terasa lebih berat.

KLAKSON, tidak penting ah mereview klakson. Eitss siapa bilang tidak penting brosis… justru klakson menjadi bagian yang tak terlewatkan yang biasa fn coba. Berbasis sport 150cc naked bike… bunyi klakson NVA cukup nyaring terdengar namun lebih didominasi treble berbeda dengan moped2 yang suara klaksonnya lebih lirih. Meskipun demikian, suara klakson NVA masih kalah nyaring loh dengan NMAX yang suaranya mirip mobil… namun secara bunyi sudah bisa mengakomodir kebutuhan mendesak yang mengandalkan suara klakson.

Nah demikian review singkat first ride bersama Yamaha New Vixion Advance. Semoga memberikan jawaban dari rasa penasaran pembaca sekalian terhadap produk tersebut. Untuk hal-hal yang mungkin dirasa kurang monggo komentarnya. Secara total… performa NVA tak berbeda dengan NVL namun terdapat beberapa perbedaan ‘rasa’ dari akselerasi yang bisa jadi lebih ditingkatkan. Ergonomi tak ada masalah apapun… untuk pengendara sudah memberikan kenyaman lebih baik.. sedangkan pada sisi handling.. yamaha perlu nih mengevaluasi NVA untuk membuat produk selanjutnya yang memiliki handling lebih ringan digunakan. (~fn)

Thanks to Kontributor Test Ride :
Yamaha SMS Motor Randuagung – Singosari – Malang

 

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...