Terlihat !! Untuk Keselamatan Diri Sendiri

Sangat disayangkan, saat kita semua melihat pemandangan kurang mengenakkan di jalanan.

Yup, berbagai macam pemandangan terjadi di trek jalan raya, mulai dari kerumunan pedagang kaki lima yang tak menghiraukan hak pejalan kaki dengan memakai trotoar untuk berjualan, anak-anak kecil yang terpaksa menjadi pengemis dan pengamen di lampu merah.

Tak hanya itu, ada juga pemotor yang ngebut dan mengemudikan motor ugal-ugalan tanpa memikirkan keselamatan pemotor yang lain. Hal inilah yang bertindak sebagai pemicu utama meningkatnya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas (Lakalantas).

Apakah semua itu adalah kesalahan mereka yang tak mengindahkan kata disiplin berlalu lintas? Memang iya, namun tak selalu mereka harus dikambing hitamkan lho. Untuk mencegah atau menghindari kejadian yang tak diinginkan, harus dimulai dari diri kita masing-masing. Menjadikan kita terlihat, berikut tips nya :

1. Pilih Pakaian yang Terang

Memilih pakaian dalam hal ini yang sering dipakai adalah jaket, juga berpengaruh terhadap keselamatan pengendara. Hindari pakaian (jaket) warna gelap, khususnya dimalam hari. Bila selera anda lebih cenderung ke warna gelap maka usahakan memiliki asesoris tambahan sejenis scotlite, sehingga pengendara lain lebih awas mengetahui keberadaan pengendara motor.

2. Nyalakan Lampu Utama Siang atau Malam hari

Taati peraturan yang sudah disosialisasikan pemerintah, toh peraturan tersebut juga gak ada ruginya. Nyalakan lampu utama pada siang dan malam hari, sehingga pengendara lain dapat  mengetahui keberadaan pengendara lainnya yang berada di depan atau belakang pemotor.

Banyak yang beranggapan bahwa aki akan cepat tekor, karena sering menyalakan lampu. Tapi nyata nya tidak lho, sesuai cara kelistrikan ketika mesin motor dihidupkan, saat itu juga regulator menerima arus listrik dari spull yang kemudian listrik diteruskan regulator ke dua kabel yang berbeda.

Satu kabel menuju aki yang nantinya digunakan untuk starter elektrik, klakson dan lampu sein. Kabel satunya lagi khusus ke lampu utama. Jadi penggunaan lampu disiang hari nggak akan bikin aki tekor. Dua kabel itu cara bekerjanya sendiri-sendiri  jadi tidak menggangu fungsi aki. Menyalakan lampu utama juga menjadikan pengendara motor atau mobil yang berada didepan kita akan lebih awas karena mereka bisa lebih jelas melihat keberadaan kita.

3. Lampu Sein

Fungsi lain yang terkadang disepelekan adalah penggunaan lampu sein dan spion. Dua fungsi alat ini boleh dibilan g sangat penting dan saling berhubungan. Pernahkah mzbro sekalian melihat pemotor yang menyalakan sein terus menerus tanpa punya tujuan berbelok namun saat dia berbelok ternyata kebalikan dari lampu sein yang dinyalakannya. Nah kalo kita kebetulan berada di belakangnya pasti bingung kan atau juga pemotor langsung berbelok tanpa menyalakan sein. Kedua kejadian diatas merupakan sebab banyak kecelakaan terjadi hanya gara-gara lupa memberi lampu sein ketika akan berbelok. Jangan lupa untuk segera mematikan lampu signal, ketika sudah berbelok. Agar pengendara lain nggak bingung dengan tujuan kita.

4. Lampu Rem Lebih Terang tapi Jangan terlalu terang

Pilih lampu rem yang baik yaitu yang lebih terang dengan lampu utama atau yang berkedip. Sehingga pengendara lain dapat mengetahui signal yang kita maksudkan. Selain itu jaga jarak aman, agar nggak terjadi rem mendadak. Namun jangan menyilaukan dengan memakai lampu rem putih. Ini akan membuat bias penglihatan pengedara dibelakang kita, jangan salahkan mereka bila tiba-tiba menyeruduk kita bila masih menggunakan lampu putih untuk lampu rem belakang.

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...