Yamaha SZ-X vs SZ-R, Apa Bedanya ??

Sudah tak ada lagi motor baru keluar di dunia roda dua tanah air. Setidaknya untuk saat ini.

Ada kevakuman produk yang melanda seluruh ATPM dalam negeri. Maklum mzbro, semester awal di tahun 2011 ini gelontoran produk bergitu bejibun banyaknya. Sampai2 dunia blogger maupun media online geleng-geleng kepala. Termasuk saya tentunya 🙂

Tak ada salahnya bukan, kalau saya menepi ke negeri tempat lahirnya Mahatma Gandhi. Yup, negeri ini bernama India. Pemerhati dunia otomotif indonesia pasti tahu akan eksistensi roda 2 di india. Banyak yang merasa “Iri” akan gelontoran produk yamaha di negeri ini. Padahal secara pasar, jelas Indonesia yang terbaik memasarkan produk Yamaha secara Global. Namun, apa mau dikata, Ya begitulah keadaannya.

Salah satu produk yamaha yang laris manis di india adalah Yamaha SZ-X dan Yamaha SZ-R. Hanya berbeda pada letak penulisan satu huruf di bagian paling belakang. X dan R, apa sih bedanya? Saya sendiri menyimpulkan R sebagai Racing sedangkan X sebagai produk reguler tanpa embel-embel racing. Namun, saat kita melihat gambar diatas kedua motor ini benar-benar seperti saudara kembar.

Bagaimana tidak, spesifikasi keduanya bisa dibilang sama. Berkapasitas silinder 153cc, memiliki karakter mesin SOHC 2 klep. Keduanya mampu mengumbar power sebesar 12.1 PS di 7500 rpm.  Semua spek sama, namun saat lebih teliti ke sektor roda depan, nah ketahuan bedanya. Seri Yamaha SZ-X masih dibekali sistem pengereman jadul ala Drum di kedua rodanya. Namun untuk seri SZ-R terdapat peningkatan berupa pengaplikasian cakram di roda depan. Hmmm benar-benar pintar ya sebuah ATPM meningkatkan pasarnya. (fnc)

 

 

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...