Substitusi Kampas Rem Honda Sonic di Cakram Belakang New Jupiter MX (BlueMX)

 

Kampas Original Sonic NJMX 2
Kampas Original Sonic NJMX 2

 

Pembaca sekalian, sudah 2 minggu lamanya fnc sedikit ‘ngirit’ untuk berencana mengganti kampas rem belakang bluemx kesayangan. Beberapa hari sekali mengintip ketebalan kampas yang semakin tipis menjadikan diri harus mempersiapkan menggantinya. Yup, kampas rem memiliki peran cukup vital sebagai perangkat pendukung keselamatan berkendara.

Nah, baru saja coba bertanya2 tentang harga rem original new mx sekitar 50 rb-an. Kebetulan juga beberapa hari berselang, salah seorang teman mantan pengguna honda sonic menawarkan kampas rem nya. Wah, kebetulan nih pikir fnc. Beliau sengaja menjualnya mengingat Honda Sonic kesayangannya sudah laku terjual. Beliau yang memiliki 3 set kampas rem sonic sengaja menjualnya daripada tidak terpakai. Setelah terjadi kesepakatan harga, nggak ada salahnya nih fnc tebus ke-3 nya.

Sebelum membeli pun fnc pastikan si kampas sonic ini bisa digunakan di rek cakram belakang bluemx. Berhubungan ada kepastian sama mengingat baik sonic dan bluemx memakai kaliper original nissin dengan piston tunggal, sekaligus saat fnc lihat bentuknya sama ya akhirnya nggak ada keraguan. Beruntung bisa merasakan kampas rem original sonic made in thailand ini, dikarenakan secara harga per set kampas nya saja 100rb-an dulu beliau membelinya. Wah harganya setengahnya kampas belakang ori bluemx nih.

Minggu ini kebetulan tak ada acara keluar, jadinya fnc manfaatkan saja untuk memasang kampas sonic pada bluemx. Yah hitung2 menambah kemampuan dan sekaligus ngirit, lha wong jasa ganti kampas rem di bengkel resmi mencapai 15-20rb-an. Saatnya siapkan peralatan, kunci pas ukuran 17 untuk membuka as roda bluemx. Selanjutntnya fnc lepas roda belakang membersihkan kotoran.

Setelah roda belakang dilepas, saatnya melepas baut braket kaliper bluemx dengan ‘kunci pas ukuran 14’. Nah, dah setengah jalan nih, tinggal membuka mur pengunci kampas ke kaliper dengan obeng minus, eh ternyata harus ada baut yang dibuka lagi, namun kali ini harus menggunakan kunci L. Setelah terbuka tinggal lucuti kampas rem yang sudah habis dan pasang kampas rem belakang honda sonic yang fnc beli tadi.

Saat fnc jajarkan antara 2 kampas sonic dan bluemx (set cakram new jupiter mx) ternyata sama persis ukurannya, namun yang membedakan adalah desain kampas rem njmx yang terdapat garis garis sedangkan original sonic tanpa garis alias polos. Setelah kampas dipasang, baut kembali hingga seperti semula, pasang roda belakang dan selesai.

Tinggal atur gerak bebas braket kaliper, pastikan saat roda diputar tidak terasa seret karena saat terasa seret itu berarti kampas rem tidak presisi dengan cakram rem sehingga akan menyebabkan kampas cepat aus. So, kesimpulan yang bisa diambil adalah kampas new mx bisa menggunakan kampas nissin dari motor lain dengan piston tunggal, sejauh sama2 nissin. Ini berarti bisa juga menggunakan kampas honda CS1 dan Supra X 125 yang sudah mengaplikasikan cakram belakang buatan nissin. (fnc)

All Picture :

 

___________________

Related Post :

No Comments

Kolom Komentar