Strategi Kurangi Hambatan, Yamaha Modifikasi Body Yamaha M1 Lorenzo

Lorenzo-Kualifikasi GP Australia
Lorenzo-Kualifikasi GP Australia

Tentu suatu hal mengejutkan jika Lorenzo dengan mudahnya mengasapi catatan waktu para punggawa honda. Pasalnya di Malaysia terbukti bahwa paket motor RC213V memiliki kelebihan dari banyak hal dibanding motor yang digunakan oleh Lorenzo dan Rossi.

Sebuah pemandangan yang berbeda, jika kita melihat motor yang digunakan Lorenzo hingga berhasil mencatatkan waktu tercepat di sesi kedua kualifikasi motogp seri Phillip Island Australia. Mengapa demikian? setelah fnc amati lebih lanjut, ternyata yamaha menggunakan strategi mengurangi hambatan yang disebabkan oleh hembusan angin dari depan.

stoner0

Mengingat hembusan angin pantai di sirkuit Phillip Island terbilang lebih besar dibandingkan lainnya, bisa jadi karena inilah Yamaha mencoba peruntungan dengan meningkatkan aerodinamika dari body motor itu sendiri. Penambahan lubang-lubang di fairing depan samping kanan dan kiri adalah buktinya bahwa yamaha mencoba strategi dengan sebisa mungkin mengurangi hambatan angin untuk bisa melaju lebih kencang.

Strategi ini pada dasarnya bukan hal yang baru, Casey Stoner bersama ducati desmosedici juga pernah menggunakan metode serupa pada fairing ducati di tahun 2009 silam. Namun tidak selalu berhasil di semua lintasan. Meskipun pengurangan hambatan yang disebabkan angin dapat diminimalisir, bisa jadi akan mengurangi kestabilan dari tunggangan itu sendiri. (fnc)

4 Comments

Kolom Komentar