Sistem Transmisi Unik All New Daihatsu Ayla, B dan S Artinya Apa ?

Motomaxone.com – All New Daihatsu Ayla MY 2023 diperkenalkan secara resmi pada bulan Februari 2023 lalu. Mobil LCGC besutan Daihatsu ini membawa pembaharuan yang cukup banyak. Pada sisi eksteriornya bikin pangling, modelnya lebih elegan mirip-mirip dengan brio generasi kedua meskipun tak persis sama.

Perubahan itu ternyata tak hanya pada sisi eksteriornya namun juga pada penambahan fitur-fitur baru. Ayla generasi baru ini mengusung mesin baru dengan kapasitas 1.200 cc 3 silinder dengan kombinasi transmisi otomatis CVT.

Pada tuas transmisinya kita akan disuguhkan pengalaman baru. Sistem transmisinya memiliki beberapa mode diantaranya P, R, N, D, S dan B. Apakah arti diantara masing-masing model transmisi itu ?

P sudah dipastkan adalah Parking, posisi yang ideal saat motor diparkir. Kemudian R bisa diartikan sebagai Reverse atau istilah lainnya transmisi gigi mundur. N merupakan posisi gigi transmisi Netral. Sedangkan D adalah mode Driving atau berkendara.

Nah selain itu ada juga S dan B, sebuah fitur baru pada sistem transmisi. Dimana tidak ditemukan pada mobil-mobil lokal produksi lama. S bukan transmisi Sport melainkan “Slope” yang diartikan dengan transmisi yang dipergunakan untuk melibas tanjakan dan turunan.

Sedangkan B merupakan pilihan transmisi Brake atau rem. Maksudnya dengan memilih posisi transmisi B maka akan membantu mesin dalam melakukan fungsi yang mirip dengan fungsi engine brake. Sangat berguna saat melewati jalan turunan sehingga beban pengereman tidak terlalu membenani piranti rem.

Pilihan transmisi otomatis alias Matic yang disuguhkan Daihatsu pada New Ayla ini hanya diposisikan keatas dan kebawah. Tidak nampak lagi pilihan transmisi 2 dan L (Low). Bisa jadi hal tersebut merupakan hasil riset Daihatsu pada konsumen sehingga lebih mengakomodir kebutuhan berkendara masa kini. (fn)

About MOTOMAXONE.COM 4656 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

Be the first to comment

Kolom Komentar