Serunya MotoGP Silverstone 2016, Dominasi Suzuki Vinales…. Motivasi Cal Cruthchlow dan Keberuntungan Valentino Rossi

vinales silverstone 2016

Jalannya balapan motogp Silverstone 2016 diluar dugaan, kualifikasi dengan lintasan basah namun kering saat race berlangsung membuat peta kekuatan pembalap sedikit berubah. Tak ada pembalap terkenal dari tim pabrikan yang menjuarai balapan, surprise malah ditunjukkan Maverick Vinales dari Suzuki yang mendominasi sepanjang balapan berlangsung.

Maverick Vinales sukses menjadi juara seri MotoGP Silverstone setelah mempecundangi pembalap tim pabrikan dari Repsol Honda dan Movistar Yamaha. Bahkan selama jalannya balapan, Vinales mendominasi jauh didepan meskipun hanya berbekal mesin motor massal Suzuki GSX-RR. Terbukti dari selang 7 lap berjalan, Vinales sudah memperlebar GAP dengan Cal Cruthchlow dan Valentino Rossi hingga 2,5 detik.

Namun sayang, tipikal Vinales sama halnya dengan Lorenzo dan Marquez saat sedang dalam On Fire. Bukan pembalap yang memiliki jiwa entertaint untuk menghibur penontonnya. Pantas saja meskipun mendominasi, sorotan kamera jarang tertuju kepadanya.

Disisi lain bidikan kamera lebih meminati duel seru memperebutkan posisi ke 2. Saat ini duel seru sedang terjadi antara Rossi – Cruthchlow – Marquez. Ketiganya ini begitu membuat penonton terhibur karena kekuatan motor di posisi 2 hingga 4 nyaris merata. Aksi overtake antara ketiganya semakin memanas lantaran agresivitas Marc Marquez kemarin yang cukup berlebihan. Bahkan sempat lho, Marquez menabrak bagian lutut kanan Cruthchlow.

Sayang, kenginan Marquez tidak sejalan dengan performa RC213V di GP Silverstone kemarin begitu kedodoran. Terlihat sekali, baik pembalap dari yamaha maupun honda cukup keteteran dengan settingan motor di track kering mengingat latihan bebas dan kualifikasi lebih banyak didominasi track basah. Itulah yang mendasari dua pabrikan besar ini tertinggal jauh dari Suzuki GSX-RR milik Vinales yang sukses menjadi juara.

marquez hits cal silverstone 2016

Duel ketiga pembalap Rossi-Cal-Marquez bahkan sempat diganggu oleh Iannone dari Ducati yang tiba-tiba merangsek kedepan. Namun rupanya tindakan ceroboh Iannone masih diulanginya kemarin, terbukti Iannone pun ndlosor akibat terlalu memaksakan diri.

Rossi yang berhasil mengamankan podium ke 3 dibelakang Cal Cruthchlow yang bertindak sebagai pembalap tuan rumah sebenarnya juga tidak jauh dari faktor keberuntungan. Yamaha M1 milik Rossi sempat melambat dan begitu sulit mengejar Cal dan Marquez didepannya.

marquez rossi silverstone 2016

Namun faktor lucky kembali berpihak pada si gaek Valentino Rossi. Setelah sulit mendominasi duel dengan Cal Cruthchlow, marquez menjadi terpancing emosinya. Manuvernya semakin agresif dan berbahaya, bahkan  motor marquez sempat menabrak lutut kanan Cal Cruthchlow saat menyalip. Akibat kecerobohannya Marquez hilang keseimbangan dan keluar lintasan namun tidak sampai terjatuh.

Rossi yang melihat Marquez keluar lintasan tak membuang kesempatan di detik-detik terakhir lap tersebut. Hingga mencapai garis finish, Rossi akhirnya sukses mengamankan podium ke 3. Cal Cruthchlow yang bertindak sebagai tuan rumah pun juga sukses meraih podium ke 2 dibelakang Maverick Vinales yang tak tersentuh didepan. (tobi)

Kolom Komentar