yamaha

Mengukir Sejarah 20 Tahun Lalu, Rossi Juara Dunia Pertama di kelas MotoGP

yamaha

Motomaxone.com – Kemarin (21/9) menjadi momen yang cukup bersejarah bagi balap motor nomor satu didunia MotoGP. Sejarah itu diukir pada 20 tahun silam (21 September 2002) sebagai musim perdana digelarnya MotoGP era modern.

Kelas MotoGP yang menggantikan kelas 500 cc. Yang juga merupakan kelas balap level tertinggi dibalapan grand prix motor itu.

MotoGP 2002 juga disebut sebagai masa transisi dari kelas 500cc ke MotoGP, meskipun dalam penyelenggaraannya masih ada beberapa peserta balap yang masih menggunakan motor dengan mesin 500cc untuk bertarung dengan motor MotoGP yang kala itu mengusung mesin 4-tak berkapasitas 990cc.

Mengukir Sejarah 20 Tahun Lalu, Rossi Juara Dunia Pertama di kelas MotoGP

Musim transisi GP500 ke MotoGP itu dimenangkan oleh Respol Honda. Bermesin 4-tak, 990cc dengan kode mesin RC211V. Namun Honda belum pasti menang kala itu bila tak memiliki pembalap muda spesial bernama Valentino Rossi.

Yup, tepat pada hari sabtu 21 September 2002 silam, Valentino Rossi yang kala itu berusia 23 tahun mengantarkan Honda menjadi Juara Dunia pertama di era MotoGP Modern.

Perjalanan pembalap yang familiar dijuluki The Doctor ini nyaris sempurna pada MotoGP 2002 lalu. 11 kemenangan dari 16 seri balapan yang diselenggarakan. Selebihnya berada di posisi kedua dan hanya satu kali saja gagal menyelesaikan balapan.

Rekan setimnya Tohru Ukawa juga menggunakan motor yang sama, Honda RC211V. Namun tidak mampu secemerlang pembalap yang khas dengan nomor 46 nya itu. Meski terlihat mendominasi pada musim tersebut, namun Valentino Rossi tidaklah mudah dalam meraih kemenangan. Ada pembalap kuat lainnya sebagai lawan Rossi saat itu. Sebut saja Max Biaggi, Alex Barros, Sete Gibernau, Loris Capirossi, Daijiro Kato hingga rekan timnya sendiri Tohru Ukawa.

Nyaris sempurnanya kemenangan Valentino Rossi kala itu membuatnya mengunci gelar juara dunia di seri ke 12. Tepatnya di grand prix Rio de Janeiro Brazil dimana Valentino Rossi sekaligus menyapu podium pertama di GP Brazil tersebut. Padahal Max Biaggi yang mencatatkan pole position kala itu. (~FN)

Kolom Komentar