Review Lensa Sapu Jagad Tamron 18-270/3.5-6.3 Di II VC PZD

wpid-tamron-18-270_afs_vr.jpg.jpeg

Pembaca sekalian, bagi seorang fotografer atau yang sekedar hobi fotografi kebutuhan lensa selain lensa kit bawaan kamera memang penting adanya. Bukan sebagai pamer-pamer doang, namun lebih kepada fungsi nya untuk pemilik yang sangat membantu mengakomodir kebutuhan mengambil gambar.

Jadi teringat dengan seorang rekan yang fnc jadikan sebagai mentor di dunia fotografi. Membeli kamera DSLR pertama dari beliau, fnc belajar banyak belajar dan mengenal lebih dekat dunia fotografi. Bukan terfokus pada obyek-obyeknya seperti model dan sebagainya, namun terlebih pada teknik foto yang diajarkan. Bagi fnc yang cukup pemula, memahami komposisi 3 bagian utama pada lensa DSLR yaitu exposure, shutter speed dan aperture cukup membingungkan namun seiring waktu memahami dengan sendiri nya.

55mm nikkor kit
55mm, 18-55mm Nikkor Lens Kit

Sang mentor pun berpesan, jika ingin meningkatkan skill fnc pun harus berniat membeli gear. Gear yang dimaksud adalah perlengkapan kamera, bisa lensa, flash dan sebagainya. Karena belum berniat beli, fnc pun kerap ‘ngrepoti’ mentor tersebut. Namun suatu saat timbul keinginan kuat membeli nya, masak iya saya terus ngerepoti beliau. Akhirnya dibelilah lensa ‘tambahan’ pertama fnc untuk kamera kesayangan Nikon D3100 yaitu lensa Tamron PZD 18-270 AF-S, VC.

18mm, Tamron Lens 18-270
18mm, Tamron Lens 18-270
270mm, Tamron Lens 18-270
270mm, Tamron Lens 18-270

Tamron 18-270 PZD dilengkapi fitur VC (Vibration Compensation) yang merupakan sistem pendukung kestabilan pengambilan gambar. Lensa ini dilengkapi pula fitur PZD (Plezo Drive) yang memungkinkan shutter berfungsi lebih lembut tanpa suara berisik.

macro tamron pzd 18-270
Macro Mode, Tamron Lens 18-270

Bentuk standarnya mirip dengan lensa kit, namun secara bobot lebih berat. Build Quality cukup bagus untuk lensa yang dibanderol 4 jutaan ini. Meskipun secara keseluruhan didesain dengan material plastik, namun tampak sangat padat dan berkualitas. Seperti halnya lensa kit 18-55, Tamron 18-270 ini juga memiliki ring karet untuk kebutuhan zoom yang cukup lebar, membuat nyaman memainkan zoom manual. Namun ring karet untuk kebutuhan focus bagi fnc terlalu sempit, bagi yang doyan memainkan auto focus maka perlu menjaga sentuhan dari jari-jari agar tidak mengganggu gerak bebas ring focus tersebut.

Kualitas gambar cukup baik, dengan range 18-270 fnc sekarang cukup bebas mengambil gambar jarak dekat maupun jauh sesuai kebutuhan. Semoga Berguna. (fnc)
___________________

Related Post :

7 Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...