yamaha

Remote Honda Scoopy Hilang ? Kita Kasih Solusinya..

yamaha

Motomaxone.com – Sahabat biker sekalian, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah Ta’ala. Kali ini penulis akan membahas fenomena tentang hilangnya remote sepeda motor yang sudah mengaplikasikan smartkey system. Bagaimana solusinya saat remote itu hilang ?

<!–more–>

Sebut saja All New Honda Scoopy. Generasi headlamp LED. Varian motor yang cukup bejibun banyaknya di jalan raya. Generasi pertama Scoopy LED masih menggunakan kunci kontak fisik + remote untuk kegunaan alarm dan answer back system. Sedangkan Scoopy LED gen ke 2, sudah mengusung model smartkey system dengan model knob berikut fungsi lain diantaranya sistem alarm dan answer back system.

Nah untuk Scoopy LED Gen 2 itu, sudah tak lagi mengandalkan kunci kontak fisik. Melainkan sudah mengaplikasikan Smartkey system atau biasa disebut keyless. Kehadiran remote memang nampak syarat teknologi. Namun juga bukan tanpa masalah karena dimensinya yang kecil juga memiliki potensi untuk hilang dengan beragam alasan.

Untuk itu.. menyimpan remote cadangan sangat penting dilakukan oleh para pemilik kendaraan yang sudah memiliki model smartkey atau keyless. Seperti yang disampaikan AHM, Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, jika kunci remote cadangan masih ada, bisa untuk mendaftarkan remote baru di bengkel resmi AHASS.

Namun bagaimana bila remote cadangannya pun “ketlisut” atau hilang. Maka yang dibutuhkan adalah ID Tag untuk mendaftarkan via barcode. Tapi.. bila ID Tag juga hilang entah kemana maka bisa diangkut tuh motor ke jaringan AHASS terdekat. Perlu dilakukan tindakan penggantian Smart Control Unit (SCU) yang sudah include remote baru. Selain SCU, Engine Control Unit (ECM) juga perlu diganti bila memang ID tag tidak ditemukan.

Tentu saja masalah kehilangan seperti ini bisa saja terjadi meski tidak oleh mayoritas orang. Dan kemajuan teknologi itu juga dibarengi oleh biaya yang lebih besar sebagai konsekuensi dari teknologi sistem pengaman yang telah dinikmati selama ini. (~fn)

Kolom Komentar