Rea Pisah Dengan Kawasaki Superbike, 9 Tahun 6 Gelar Juara

yamaha

Motomaxone.com – KRT (Kawasaki Racing Team) Superbike kehilangan ikon nya. Jonathan Rea, pembalap yang sukses mempersembahkan gelar juara dunia superbike untuk Kawasaki itu akhirnya pergi.

Belum ada catatan sejarah Kawasaki mampu memenangi gelar juara dunia Superbike sebelum adanya J. Rea. 6 gelar Juara Dunia Superbike yang dipersembahkan Rea itu mendapatkan label ‘unprecedented’ yang artinya belum pernah terjadi sebelumnya.

Yup, KRT Superbike baru bisa merengkuh Juara Dunia saat motor nya mendapatkan pembalap berkelas semacam Jonathan Rea. Kehilangannya tentu memberikan dampak tersendiri bagi Kawasaki.

Secara akumulatif, Rea sudah mengabdikan diri membela Kawasaki Superbike selama 9 tahun lamanya dan mendapatkan 6 gelar Juara Dunia. Kini Rea akan mengakhiri kontraknya bersama Kawasaki pada akhir kompetisi WSBK 2023. Pembalap berusia 36 tahun ini memiliki banyak kenangan bersama KRT Superbike termasuk rekor balapan yang lebih dari 100 kali dalam kurun waktu 9 tahun bersama geng hijau itu.

Rea Pisah Dengan Kawasaki Superbike, 9 Tahun 6 Gelar Juara

Rea memulai karir WSBK pada tahun 2008. Saat itu dirinya menjadi wildcard di Portimao, disini dirinya pulang dengan sukses menempati posisi 4. Di tahun 2009 Rea bergabung dengan Ten Kate Honda WSBK. Bersama Honda dirinya tidak terlalu mentereng secara prestasi. Hanya 15 kemenangan dalam kurun waktu 2009 hingga 2014.

Di tahun 2015 menjadi pengalaman baru untuk Jonathan Rea. Dirinya berpisah dengan Honda, bergabung dengan Kawasaki. Bersama KRT, dirinya menjadi pembalap favorit untuk juara dunia. Performanya dianggap tidak mengecewakan untuk Kawasaki. Di tahun 2016, bersama ZX-10RR Rea semakin solid untuk memenangkan gelar. Rea merubah menjadi legenda Kawasaki dan mengukir namanya sebagai yang terbesar sepanjang masa di Kawasaki.

Rea Pisah Dengan Kawasaki Superbike, 9 Tahun 6 Gelar Juara

Tahun 2021, dirinya kehilangan gelar dari Razgatlioglu yang memperkuat Yamaha. Begitu juga di tahun 2022, dirinya masih cukup kuat menjadi pesaing utama kejuaraan dunia meskipun gelar direbut oleh Ducati.

Dilain sisi Rea berterima kasih keada Kawasaki. Tentu atas kesempatannya, bantuannya untuk membuktikan diri hingga level tertinggi. Pengalaman tersebut menjadi pelajaran berharga baginya, kenangan yang tak terlupakan. Rea sendiri menyebutkan bahwa hal ini bukanlah perpisahan karena keluarga besar Kawasaki tidak mengucapkan selamat tinggal, namun ini semua hanyalah akhir dari bab yang luar biasa.

Sebaga pengalama baru Rea dikabarkan akan memperkuat blu cRU team Yamaha Superbike untuk kontrak 2024-25. Namun Rea berkomitmen akan tetap berfokus menyelesaikan musim 2023

Kolom Komentar

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.