Pesona Honda Supra X 150, Desain Nyaris Sempurna… Spek Mesin Poin Utama !!

Supra-X-150 2016 2

Pembaca sekalian, tak hanya akan menjadi pesaing rupanya Astra Honda ingin semakin memperkuat pangsa pasar diberbagai lini segmen produk yang tersebar di pasaran. Setelah beberapa segmen mulai terlihat hasilnya menggeser kompetitor… segmen motor bebek a.k.a Moped bakal diperlebar kepak sayapnya… inilah pesona Honda Supra X 150.

Sejak awal kali membangunkan gen Sonic dengan launching Sonic 150R, FN benar-benar merasakan Honda mulai serius dengan segmentasi pasar yang satu ini. Bolehlah segmen matic lebih menarik dari moped akhir-akhir ini, namun kelas moped tak bisa ditinggalkan begitu saja. Salah satu cara adalah bermain dikapasitas yang lebih tinggi.

Apa alasannya ? ya karena itu tadi… untuk membuat pasar moped kembali greget. Dua ATPM kompetitor bagi Honda tak bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan. Masing-masing kompetitor membidik kelas berbeda untuk membagi market share untuk keuntungan masing-masing. Disaat Suzuki keukeuh dengan ayago Satria F150 dari versi karbu hingga injeksi… Yamaha juga berbanding sama.. meluncurkan bebek super sedari kelas 135cc karbu hingga saat ini merangkak naik 150cc dengan sistem pengkabutan injeksi.

Bidikan pasar yang berbeda ini membuat honda dilematis, disini lain target market share honda lebih jelas… mendominasi di semua lini produk.. wow…wow…..

Strategi kompetitor memecah pasar tentunya tak memberikan pilihan. Kenapa tidak bermain di segmen keduanya saja…dengan demikian bisa dilihat hasil akhirnya siapa yang lebih unggul. Wow..wow… strategi ini tepat sekali menurut perkiraan FN.

Dari sketsa…sampai bocoran produk yang diduga Honda Supra X 150 memberikan indikasi kuat bahwa bidikan tersisa adalah Yamaha MX King 150. Yup…yup… Sonic 150R untuk Satria F150 dan Supra X 150 untuk King 150. Namun apakah Honda cukup serius dengan project Supra X 150 ini ?

MX King 150
MX King 150

Yup…. kalaupun produk sudah berjalan tentu saja cukup serius brosis apalagi untuk ATPM sebesar AHM. Namun disini FN melihat.. Honda masih meraba-raba bidikan pangsa pasarnya. Lho kok begitu ? Begini brosis… jikalau bidikan pasar Supra X 150 adalah si kompetitor King 150… maka hal ini menjadi sedikit lebih sulit dari yang diprediksikan… FN melihat market MX series sebagai pasar moped yang unik… karena segmentasi konsumen MX series adalah yang benar-benar paham motor ini memiliki potensi yang cukup besar… asal tau saja pengguna MX tidak terlalu peduli dengan iming-iming performa DOHC produk lainnya…. apalagi didukung dengan penguatan image produk di beberapa kejuaraan nasional… semakin intensitas kemenangan meningkat maka akan semakin diakui… so membidik pengguna MX 150 untuk hijrah ke Supra X 150 kurang memiliki potensi yang signifikan, FN sinyalir membidik konsumen MX untuk hijrah adalah target kedua Honda.

Lalu apa target pertama nya ?? Tidak lain adalah menggeser konsumen pangsa pasar Supra X 125 series untuk naik level mencicipi kapasitas mesin lebih hebat dan bahkan lebih powerfull dari generasi Supra X yang pernah ada. Berbekal desain baru dan performa baru yang mengakomodir selera muda… bukan tidak mungkin orang tua pun akan semakin banyak merekomendasikan Supra X 150 untuk anak-anak mereka. DOHC atau SOHC 4 Klep Nih ? hehehe…. indikasi kuat DOHC bakal nempel perdana untuk mesin Supra X 150 kali ini. Disaat migrasi itu berjalan lancar bukan tidak mungkin eksistensi kelas 125cc milik supra akan juga diakhiri. (~FN)

support render pic by motoblast

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...