Pengalaman Pertama Honda BeAT Mendadak Mati Setelah Tidak Digunakan Beberapa Hari, Aki Ngedrop Biang Masalahnya…….

beat-sporty-tiba-tiba-mati-motomaxone

Motomaxone.com – Pernahkah mengalami motor BeAT mendadak mati ?? Memiliki motor memang harus mengerti akan teknologi yang diusung oleh motor tersebut. Apalagi sekarang ini adalah era motor injeksi, patut kiranya memperhatikan hal-hal penting petunjuk pemakaian agar tidak menyusahkan. Seperti halnya Honda Beat milik admin..

Dirumah hanya ada 2 ekor motor yang menjadi teman admin sebagai alat transportasi harian, yang satu adalah Yamaha Jupiter MX lansiran 2007 dan satunya lagi adalah Honda BeAT Sporty yang digunakan oleh istri yang umurnya sudah mendekati 2 tahun.

Keduanya biasa admin gunakan sebagai alat transportasi untuk berangkat bekerja, jarak rumah dengan tempat kerja hanya 8 km. Nah, sebelumnya admin memang sering kali menggunakan Blue MX kesayangan, maklum meskipun motornya sudah tua namun performanya masih lebih dari cukup meskipun tidak seperti barunya dulu.

Kebiasaan lepas filter dan sehari sebelumnya diguyur hujan deras membuat bluemx pagi itu susah dinyalakan. Dari kondisinya, analisa admin pasti kemasukan air karena sudah beberapa kali memang mudah kemasukan air hehehe…

Pagi itu admin yang sudah bersiap berangkat kerja lebih pagi dari biasanya sedikit kelabakan karena bluemx rewel. Sontak, untuk mempersingkat waktu admin buka kembali garasi rumah dan memasukkan Bluemx ke kandang.

Sebagai gantinya, Honda BeAT Sporty admin keluarkan dari garasi untuk dipanasi lebih dulu. Betapa shock nya, saat kunci kontak diarahkan ke ON, indikator netral tidak menyala sama sekali yang artinya kelistrikan motor tidak menyala. Waduh…. motor andalan kedua pun mogok…

Karena admin belum pengalaman menggunakan motor injeksi sebelumnya, pantas saja jika admin bingung bukan kepalang hahahaha… apalagi waktu mendesak akan berangkat kerja membuat pikiran sedikit panik… namun admin tekankan harus tenang agar mendapatkan solusi. Akhirnya admin melakukan servis ringan sendiri untuk bluemx dan berhasil mengeluarkan air yang ternyata ngendon di bagian bawah mangkuk karburator.

Saat ada waktu luang, admin selalu mencoba cek beat yang mogok tersebut. Ada bunyi ‘trrrrrr’ di bagian tangki bahan bakar seperti fuel pump tidak kuat ngangkat. Padahal kalau kondisi normal, saat kontak di nyalakan maka bagian fuel pump di dalam tangki BBM akan berbunyi.

Beberapa hari berlalu, admin gagal menghidupkan motor beat tersebut bahkan dengan starter engkol sekalipun. Akhirnya admin pun berinisiatif menghubungi Call Center MPM Honda untuk meminta bantuan…

Setelah dilakukan pengecekan oleh mekanik bengkel ahass terdekat, ternyata aki dari Honda Beat milik admin mengalami ngedrop brosis, pantas saja indikator ON pun tidak terlihat di panel  dashboard speedometer.

Mengapa sampai mengalami aki (accu) ngedrop ?

Dikarenakan admin biasa menggunakan bluemx, maka honda beat jarang sekali digunakan alias terparkir cantik di garasi rumah. Hitungan admin, beat tidak dinyalakan lebih dari 3 hari dan karena seringnya tidak digunakan dan dalam kondisi aki masih terpasang maka ngedrop deh…

Menurut penuturan mekanik ahass yang merupakan jaringan bengkel resmi astra honda, motor minimal harus dipanasi sekitar 5-10 menit agar kondisi aki tetap sehat meskipun motor jarang digunakan.

Namun jika berniat tidak menggunakan motor tersebut sama sekali dalam jangka waktu yang cukup lama, maka alangkah baiknya kabel aki dilepas agar tidak ada daya aki yang terbuang selama tidak digunakan tersebut.

Akhirnya, admin pun memutuskan mengganti aki yang sudah soak tersebut dengan aki baru agar tidak membuat masalah lagi dikemudian hari. Aki berjenis aki kering, cairan didalamnya biasa berbentuk gel saat kondisi dingin. Dan proses menyalakan motor selama 5-10 menit tersebut membuat gel didalam aki kering tersebut kembali mencair sehingga membuat kondisi aki akan lebih sehat.

Oh ya… saran mekanik ahass tersebut hindari menyalakan motor dan langsung tancap gas tanpa memanasi mesin terlebih dahulu.

Nah itu pengalaman admin bersama motor beat injeksi ini, jika pembaca sekalian mengalami kasus yang sama atau hampir sama bisa jadi aki nya bermasalah seperti yang admin alami. (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...