New Suzuki Satria FU Injeksi…. Berat Hadang Kompetitor Jika Masih Setengah-Setengah !!

Satria Fu Fi 2

Sudah menjadi rahasia umum jika sedari awal bocoran dari sebuah produk memang didapatkan dengan model yang utuh. Namun untuk membuat rasa penasaran meningkat maka teaser per bagian lah yang terlebih dahulu dibocorkan… yup memang sengaja dibuat demikian brosis. Seperti yang foto diatas yang diunggah oleh salah satu forum loyalis suzuki.

Dari bentuk dan sudut pengambilan gambar, FN meyakini inilah yang sedari awal sudah dibocorkan ke beberapa media maupun blog dengan sounding yang paling dominan. Masih ingat dengan sketsa bagian depan Satria FU Injeksi yang dibocorkan beberapa minggu yang lalu? Jika pembaca masih mengingatnya maka, inilah bentuk fisik sebenarnya dari sketsa tersebut. Nah, sehubungan dengan wujud satria fu injeksi yang sudah ketahuan nih…. mari kita jadikan bahasan ringan.

Dari 2 kompetitor terkuat yang sudah mengadopsi desain dengan sudut-sudut tajam, maka tak ada alasan lain bagi Satria FU Injeksi untuk tidak mengadopsi desain yang serupa. Desain body terutama sebagai penutup mesin terlihat sekali lebih dipertajam dengan sudut-sudut yang lancip, begitu identik dengan Sonic 150R yang menggunakan model desain sejenis. Suzuki yang cukup PeDe dengan meluncurkan model body separuh yang lebih memperlihatkan mesinnya secara utuh pada varian terakhir Satria FU karburator……. nyatanya tak dilanjutkan pada project FU Injeksinya.

Body FU Injeksi kembali utuh seperti FU generasi pertama. Namun body FU Injeksi lebih banyak memperlihatkan bagian berlubang yang difungsikan sebagai pelepas panas dan memperlancar sirkulasi udara. Body bagian depan samping juga tak lagi ramping seperti versi karbu nya…. mengingat FU injeksi kali ini mulai mengadopsi penggunaan radiator sebagai sistem pendinginnya…. meninggalkan model oil cooler yang selama ini menjadi trademarknya….. hmmmm jadi aneh nih. Membuat spekulasi yang beredar bahwa sebenarnya oil cooler tak cukup mumpuni sebagai sistem pendingin mesin itu sendiri pada satria fu sebelumnya. Jika memang tidak mengapa harus mengganti sistem pendingin itu sendiri..

throttle gas mx king - sonic 150R 2

Meskipun sistem injeksi sudah pasti akan menjadi bagian dari New Satria FU namun FU memiliki perbedaan dengan 2 rivalnya yaitu Sonic 150R dan MX King 150. Throttle Cable alias kabel gas New Satria FU Injeksi hanya menggunakan kabel gas tunggal, berbeda dengan MX King 150 ataupun Sonic 150R ataupun motor-motor injeksi lainnya seperti New Vixion Advance, New CB150R, R25 dan lainnya yang menggunakan dobel kabel gas. Apakah ini berarti ada sesuatu yang lain dari sistem injeksi new satria fu injeksi ?

Spakbor Satria Injeksi

Bagian yang berubah lainnya terletak pada headlamp, setelah FN telusur desain headlamp New Satria Injeksi kali ini sedikit banyak mengadopsi desain headlamp big bike suzuki yaitu B-king. Selain itu, spakbor belakang juga menjadi perhatian Suzuki untuk membuat satria baru terlihat fresh. Secara model mirip dengan spakbor MX King 150, namun spakbor MX King 150 lebih stylish dengan adanya plat besi yang membuat model spakbor berkesan sporty.

spakbor mx king

Speedometer digital sesuai dengan informasi yang FN dapat sudah pasti full digital, namun dugaan FN seperti artikel sebelumnya yang disinyalir kuat akan menggunakan basis speedo suzuki gixxer ternyata benar adanya. Bagi FN model speedo suzuki gixxer ini memiliki kelemahan dalam sisi desainnya sendiri. Menurut FN secara desain speedometer full digital, Sonic 150R masih lebih unggul nih…… begitu juga MX King 150 yang meskipun masih mengadopsi setengah analog juga lebih keren.

Speedo FU Injeksi

Untuk tetap mempertahankan performa, suzuki keukeuh tak mengaplikasikan ban gambot pada New Satria FU Injeksi, begitu juga model keseluruhan tetap bertahan dengan model yang terkesan ramping. Meskipun demikian, masih ada part yang tidak berubah dari model karbu. Diantaranya desain velg yang masih sama, dan juga model spion yang masih itu-itu saja. Terkait performa…. belum ada kejelasan apakah akan ada peningkatan kapasitas mesin menjadi 155cc seperti yang dikabarkan selama ini. Jika memang ada peningkatan kapasitas mesin seperti yang disebutkan maka basis mesin keseluruhan dari FU injeksi tidak banyak yang berbeda dengan versi karbu alias hanya mengandalkan sistem bore-up dengan penambahan injeksi. (~FN)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
___________________

Related Post :

9 Comments

Kolom Komentar