MV Agusta Berencana Comeback ke MotoGP di Tahun 2027

lexi

Motomaxone.com – MV Agusta. Mungkin bagi sebagian orang nama pabrikan ini kurang pamornya. Padahal namanya selevel dengan pabrikan motor Ducati. Yang sama-sama berasal dari Italia.

MV Agusta sendiri merupakan salah satu produsen paling terkenal dalam bersepeda motor Eropa. Kesuksesannya dimasa lalu bahkan melebihi Ducati. Pabrikan ini mendulang banyak gelar termasuk gelar bergengsi Juara Dunia 500 cc sebanyak 16 kali, termasuk bersama pembalap legenda Giacomo Agostini.

Tapi selama beberapa waktu panjang lamanya, perusahaan ini mengalami penurunan hingga terjadi krisis finansial yang membuat mereka undur diri dari kancah kompetisi balap motor.

Namun saat ini MV Agusta merupakan bagian dari KTM sehingga mereka memiliki rencana untuk hadir kembali di kompetisi bergengsi balap motor MOTOGP. Kemungkinan itu memang ada, ketika ditanyakan peluang datang kembali ke Motogp, petinggi MV Agusta menjawab, “‘MotoGP akan berkembang ke arah Formula 1. Sebagai produsen, Anda akan memiliki platform mesin seperti di Formula 1. Tim kemudian akan dibedakan oleh sasis yang berbeda, mesin tetap identik’.

Regulasi yang ada saat ini belum memungkinkan bagi MV Agusta comeback. ‘Ya, jadi untuk 2027 saya tidak mengesampingkan pergi ke MotoGP dengan MV Agusta sebagai merek kami sendiri’.

‘MV Agusta telah memenangkan banyak gelar dunia, terlepas dari kenyataan bahwa mereka sekarang aktif di sektor mewah. Itu sebabnya saya tidak mengesampingkan keterlibatan dalam MotoGP dengan MV Agusta setelah 2026’.

MV Agusta saat ini sedang bersaing dikompetisi Supersport Dunia dan  juga memiliki project pengembangan sasis di komeptisi Moto 2. Bila hal ini terjadi, MotoGP akan semakin banyak diisi oleh pabrikan asal Eropa seperti halnya Ducati, KTM dan Aprilia. (FN)