MotoGP : Warm Up Dibuat Ajang Kualifikasi Juga ?

Motomaxone.com – Jika dalam judul lagu pop indonesia, ada yang namanya “Menghitung Hari”. Tidak demikian halnya dengan para penikmat ajang MotoGP, yang pas ya menghitung bulan 🙂

Persiapan MotoGP 2012 mengisakan berbagai macam perubahan besar-besaran yang tentunya akan sangat berbeda dengan musim sebelumnya. Ada salah satu aturan baru yang bisa dikatakan menguntungkan bagi banyak pihak terutama peserta gelaran balap bergengsi tersebut. Berbeda dengan kebanyakan aturan dimusim sebelumnya. Sekarang Sesi Warm Up bisa digunakan sebagai ajang kualifikasi.

Tak hanya itu saja, namun kualifikasi akan dimulai sejak awal sesi latihan bebas, demikian menurut sumber motogp. Jadi peserta akan mendapatkan jatah perbaikan catatan waktu mereka sejak awal kali sesi latihan bebas sampai warm up.  Dorna selaku pemegang hak komersil motogp baru-baru ini yang secara resmi mengumumkan beberapa perubahan untuk musim mendatang MotoGP tersebut. Jadi sekarang sesi kualifikasi dapat dilakukan disemua sesi seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

Apakah ini efektif untuk persaingan sehat tiap peserta?, jawabannya adalah Ya. Karena dengan aturan baru ini, tiap peserta bisa bebas mensetting tunggangan mereka untuk mendapatkan setup terbaik untuk tiap serinya. Tak perlu menunggu sesi khusus kualifikasi untuk resmi menjadi tercepat dalam perebutan pole position. Maka persaingan pun akan semakin terbuka dan sehat, hal ini tentu untuk memangkas dominasi yang terlalu ekstrim dari beberapa peserta sehingga persaingan menjadi kurang menarik.

Dengan aturan baru ini diharapkan tak ada lagi keluhan kurangnya sesi ujicoba. Dan yang terpenting, peta persaingan tak hanya didominasi oleh segelintir tim saja melainkan lebih merata. (red)

Kolom Komentar